oleh

5 Ledakan yang Disebut Paling Menggemparkan Dunia

Kabar6-Selasa (4/8/2020) petang waktu setempat, Ibu Kota Lebanon, Beirut, diguncang ledakan dahsyat yang menarik perhatian seluruh dunia. Ledakan pertama terjadi di kawasan pelabuhan.

Selang beberapa saat kemudian, pada pukul 18.08 waktu setempat, terjadi ledakan kedua yang jauh lebih besar dari ledakan pertama. Kekuatan ledakan di Beirut ini kabarnya setara seperlima bom Hiroshima, hingga meluluhlantakkan kota hanya dalam hitungan detik.

Nah tahukah Anda, dalam catatan sejarah, ledakan di Lebanon bukanlah yang pertama. Setidaknya, melansir hitekno, ada lima ledakan paling menggemparkan di dunia yang pernah terjadi sebelumnya. Ledakan apa saja yang dimaksud?

1. Ledakan di pelabuhan Texas
Pada 1947, sebuah ledakan di pelabuhan Texas menggegerkan dunia. Ledakan akibat amonium nitrat tersebut mengakibatkan korban tewas mencapai 581 orang. Cukup menggemparkan, peristiwa ini ikut meledakkan dua pesawat terbang yang melintas.

2. Ledakan di pelabuhan Kanada 1917
Ledakan di pelabuhan Halifax, Kanada, pada 1917 saat Perang Dunia I (PD I) juga ikut menggegerkan. Saat itu, kapal Prancis dengan muatan bahan peledak menabrak kapal Belgia yang lalu menimbulkan asap putih setinggi 20 ribu kaki dan tsunami 60 kaki.

Setidaknya, karena peristiwa tersebut, ada 2.000 orang yang tewas dan 9.000 lainnya mengalami luka-luka.

3. Ledakan uji coba nuklir di New Mexico 1945
Pada 1945, ledakan akibat uji coba nuklir untuk Proyek Manhattan juga cukup menghebohkan. Ledakan dahsyat ini terjadi di Alamogordo, New Mexico dan berkekuatan 20 kiloton.

Akibat dari ledakan dahsyat ini, banyak paparan tingkat radiasi yang berbahaya. ** Baca juga: Kisaragi, Stasiun Kereta Api di Jepang yang Konon Jadi Tempat Pemberhentian Iblis

4. Ledakan di Sungai Tunguska 1908
Tidak kalah menggemparkan, ledakan misterius di dekat Sungai Tunguska Podkamennaya, Rusia, pada 1908 juga menjadi salah satu ledakan terbesar dalam sejarah.

Hingga kini, tidak ada yang tahu penyebab ledakan tersebut. Para ilmuwan menduga, hal tersebut akibat asteroid dan komet. Namun, dugaan tersebut tidak bisa dipastikan.

5. Ledakan Chernobyl 1986
Reaktor nomor empat di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl yang terletak di Uni Soviet di dekat Pripyat di Ukraina meledak pada 26 April 1986. Ledakan ini bahkan mendapat gelar sebagai kecelakaan nuklir terburuk di dunia.

Ledakan Chernobyl ini bahkan 400 kali lebih kuat dari bom Hiroshima, dan membuat lebih dari 600 ribu orang terpapar radiasi dengan dosis tinggi. Hingga kini, daerah tersebut bahkan tidak layak ditinggali.

Mengerikan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru