oleh

5 Langkah Sederhana Menuju Tubuh Ideal

Kabar6-Pada dasarnya, kunci utama untuk menurunkan berat badan adalah olahraga rutin dan menjaga pola makan. Sayangnya karena kesibukan sehari-hari, Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan kebiasaan rutin tersebut. Bahkan olahraga dirasakan sebagai suatu beban. Lantas, bagaimana solusinya? Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah lima langkah sederhana menuju tubuh ideal:

1. Makan dengan cara kunyah perlahan
Gaya makan yang terlalu cepat justru bisa meningkatkan nafsu makan, sehingga jumlah kalori yang masuk dalam tubuh pun menjadi berlebihan. Karena itulah kunyahlah makanan secara perlahan, sehingga Anda bisa lebih mudah mengendalikan nafsu makan.

2. Hindari makan di depan TV, komputer, atau laptop
Menurut American Journal of Clinical Nutrition, iklan makanan di televisi khususnya iklan makanan cepat saji bisa meningkatkan nafsu makan. Dan makan di depan komputer atau laptop, membuat kita jadi tak memperhatikan berapa banyak makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan makan berlebihan.

3. Jaga suhu udara ruangan
Hindari membuat suhu ruangan terlalu hangat atau panas. Alasannya, saat ruangan sudah panas, tubuh kita tak perlu lagi menyesuaikan diri dan kalori yang terbakar pun lebih sedikit. Sementara itu, saat suhu ruangan agak dingin, tubuh akan gemetar dan otot-otot rangka akan berkontraksi untuk memproduksi panas, sehingga bisa membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh.

4. Konsumsi yoghurt & kacang-kacangan
Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health, mengonsumsi yoghurt dan kacang-kacangan bisa memberi dampak yang lebih efektif dalam menurunkan berat badan jangka panjang dibandingkan dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Sementara itu mengonsumsi makanan pedas juga bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan, karena makanan pedas bisa membantu memperlancar sistem metabolisme tubuh. Namun hindari mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan perut.

5. Konsumsi air putih
Untuk mencegah dehidrasi, menjaga nafsu makan, dan memperlancar metabolisme tubuh, kita perlu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Sebuah percobaan klinis dalam sebuah pertemuan di American Chemical Society menujukkan bahwa minum dua gelas air sebelum makan bisa membantu seseorang menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. ** Baca juga: Ikuti Tahapan Gelombang Melatonin untuk Atasi Susah Tidur

Selain hal di atas, olahraga 30 menit sangat membantu usaha Anda menurunkan berat badan. Tidak harus olahraga berat, cukup jalan kaki atau lari pagi secara rutin.(ilj/bbs)

Berita Terbaru