oleh

5 Kesalahan Pakai Masker yang Mungkin Belum Anda Diketahui

Kabar6-Saat ini masker menjadi alat pelindung diri yang wajib dipakai untuk menghindari penularan virus Corona, terutama saat sedang berpergian. Sayangnya, masih banyak orang yang salah dalam memakai masker.

Padahal, memakai masker secara sembarangan atau tidak tepat, akan mengakibatkan penurunan efektivitas masker dan meningkatnya risiko penularan. Melansir CNN, ada lima kesalahan memakai masker yang mungkin belum Anda ketahui. Apa sajakah itu?

1. Langsung pakai
Sebagian orang biasanya kurang memperhatikan kebiasaan sebelum memakai masker, padahal ini yang harus diperhatikan, yaitu memastikan tangan dalam keadaan bersih.

Sebelum memakai masker, pastikan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer. Hal ini dilakukan agar masker tetap steril.

2. Menyentuh bagian depan masker
Terkadang, kita sering membetulkan posisi masker, sehingga menyentuh bagian depan masker, atau pada saat ingin melepas masker. Jika ingin melepas masker, sebaiknya sentuhlah di bagian tali. Jangan pegang bagian tengah masker karena di situ pusat bakteri dan virus menempel.

3. Masker diturunkan ke bawah dagu
Kebiasaan menurunkan masker ke bagian dagu sangat sering ditemui. Biasanya, hal ini dilakukan saat ingin makan atau minum, karena melepas masker dirasa merepotkan.

Namun, cara tersebut bukanlah solusi yang baik. Menurunkan masker ke bagian dagu secara tanpa sadar dapat membuat area kulit sekitar dagu terpapar bakteri atau virus dari permukaan masker yang menempel. Jadi lepaskan dulu masker sebelum Anda makan atau minum.

4. Lipat sembarangan
Melipat masker ternyata juga memiliki aturan khusus, jangan sampai bagian luar masker menyentuh bagian dalam masker. Tujuannya sama yaitu menghindari paparan bakteri dan virus yang menempel di bagian luar masker. ** Baca juga: Berenang Efektif Bantu Turunkan Berat Badan

5. Tidak konsisten
Bagi Anda yang masih suka melepas dan pasang masker kembali, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Memakai masker harus tetap konsisten, agar efektif untuk melindungi diri dari virus, dibandingkan dengan melepas-pasang masker dengan alasan tidak nyaman.

Diketahui, banyak faktor yang menyebabkan peningkatan angka kasus, salah satunya penggunaan masker yang tidak konsisten.(ilj/bbs)

Berita Terbaru