oleh

5 Jenis Makanan ‘Kurang Garam’ yang Bantu Hindari Hipertensi

Kabar6-Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang terjadi ketika sejumlah darah dipompakan oleh jantung melebihi kemampuan yang dapat ditampung dinding arteri. Ketika jumlah darah tinggi, komplikasi dapat terjadi tergantung pada hubungan antara jumlah darah dan kapasitas arteri. Semakin banyak darah yang mengalir dan semakin sempit dinding arteri, tekanan darah akan semakin tinggi.

Tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung atau serangan stroke. Selain rajin berolahraga, mengubah pola makan adalah cara paling ampuh untuk melawan hipertensi. Melansir womantalk ini lima jenis makanan rendah garam yang bantu hindari hipertensi:

1. Bayam
Bayam kaya potasium yang bisa melawan efek sodium dan meredakan tekanan di pembuluh darah. Umumnya, orang dewasa butuh asupan potasium sebanyak 4.700 miligram per hari. Dalam 100 gram bayam mentah saja mengandung 558 mg potasium.

2. Pisang
Pisang mengandung 487mg potasium. Sebuah penelitian pada 2015 lalu menunjukkan, orang dengan hipertensi yang makan dua buah pisang per hari selama 20 hari, maka tekanan darahnya menurun secara signifikan.

3. Produk susu
Namun hati-hati karena beberapa jenis keju memiliki kandungan sodium yang tinggi dan lemak tak jenuh, yang bisa mengalahkan keuntungannya.

4. Minyak zaitun
Olive oil kaya polyphenols yang bisa menurunkan tekanan darah bagi orang hipertensi. ** Baca juga: Benarkah Sebaiknya Hindari Makan Usai Olahraga?

5. Cokelat hitam
Ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi ringan (1-2 batang per minggu) cokelat hitam bisa menurunkan tekanan darah. Pilih cokelat hitam dibanding susu dan pilih yang diproses secara minimal agar tidak banyak gula atau garam.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru