oleh

5 Hal yang Sering Tidak Disadari Jadi Penyebab Susah Dapatkan Perut Rata

Kabar6-Tidak melulu demi kesehatan, salah satu tujuan yang ingin dicapai para wanita, mungkin juga Anda, rutin berberolahraga adalah mendapatkan perut rata dan kencang.

Sayangnya, meski sudah diet dan olahraga mati-matian, mendapatkan perut yang bebas dari tumpukan lemak tidak semudah yang dibayangkan.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Melansir Womantalk, ada lima hal yang sering tidak disadari dapat membuat Anda susah mendapatkan perut rata. Apa sajakah itu?

1. Salah latihan saat olahraga
Jika Anda beralih ke latihan kardio, seperti joging panjang, untuk dapatkan perut rata, langkah Anda tidak tepat. Ternyata, cara yang lebih baik dan efektif untuk menghilangkan lemak perut adalah dengan latihan beban karena otot masih akan terus bekerja, bahkan hingga dua hari setelah latihan.

Penelitian mengungkapka, latihan yang paling efektif untuk menghilangkan lemak adalah HIIT, yang meningkatkan detak jantung dan juga membebani otot.

2. Kekurangan magnesium
Selain untuk menjaga irama jantung stabil dan mengatur kadar gula darah, magnesium juga dapat membantu menurunkan berat badan dan kehilangan lemak perut.

Jika ingin dapatkan perut rata, jangan malas makan lebih banyak makanan kaya magnesium, seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan.

3. Tidak cukup tidur
Sebuah studi di American Journal of Epidemiology menemukan, wanita yang tidur lima jam atau lebih sedikit per malam, 32 persen lebih mungkin untuk mengalami kenaikan berat badan.

Lalu, studi dari New York Obesity Nutrition Research Center juga mengatakan, ketika wanita hanya tidur empat jam di malam hari, mereka mengonsumsi lebih dari 300 kalori ekstra sehari karena kurang tidur menyebabkan peningkatan hormon yang merangsang nafsu makan.

4. Kecanduan soda
Soda jenis apa pun, bahkan termasuk soda diet, bisa menghambat Anda mendapatkan perut rata karena pemanis buatan dalam minuman itu tidak menghasilkan respons yang diharapkan tubuh ketika Anda makan sesuatu yang manis.

Jadi, rasa manis dari soda memicu pesan ke tubuh untuk mengharapkan masuknya energi, yang tidak akan tiba karena tidak ada kalori dalam minuman tersebut.

5. Terlalu banyak garam
Jika Anda pernah merasa kembung setelah mengonsumsi makanan asin, itu disebabkan oleh garam berlebih yang menyebabkan air berpindah dari aliran darah ke kulit. ** Baca juga: Kenali Ciri Sindrom Lelah Kronis

Jadi, untuk mendapatkan perut rata, hindari menambahkan garam berlebihan ke dalam makanan dan sebagai gantinya, tingkatkan rasa makanan dengan rempah-rempah, yang juga bisa memberikan manfaat kesehatan.

Dengan mengetahui apa yang membuat Anda kesulitan memiliki perut rata, hal-hal yang menjadi penyebabnya dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru