oleh

5 Hal yang Sebaiknya Dihindari Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

Kabar6-Ada banyak hal yang Anda alami dalam keseharian sekaligus harus dilalui, entah itu suka maupun duka. Dari situ juga tidak terhitung ada berapa banyak pelajaran hidup yang dapat Anda petik hikmahnya.

Seorang penulis terkenal bernama Paulo Coelho, melansir Pesona, mengatakan bahwa hidup ini harus dijalani sepenuhnya, agar tak ada penyesalan. Disebutkan, ada lima hal yang sebaiknya dihindari, sehingga Anda tidak menyesal di kemudian hari. Apa sajakah itu?

1. Memendam perasaan
Dalam hidup ini, Anda sering sekali menahan dan memendam apa yang tengah dirasakan. Alasannya, untuk menghindari konflik karena beda pendapat, takut akan tanggapan orang, atau lebih mementingkan perasaan orang lain ketimbang diri sendiri.

Meski tidak semua orang bisa mengekspresikan perasaan mereka, jangan pernah memendam perasaan. Ada saatnya harus mengungkapkan apa yang Anda rasakan, dan sesekali memenangkan kepentingan diri sendiri itu tidak egois.

2. Orientasi hanya pada uang
Terlalu menyibukkan diri dengan bekerja sehingga kurang menikmati hidup, Anda terlalu khawatir pada masa depan sehingga sibuk menimbun uang.

Memang, menimbun uang atau sedikit-sedikit mengaitkan sesuatu pada uang tak ada salahnya. Tapi, uang yang dikumpulkan sebaiknya dipakai untuk keperluan Anda, orang lain, dan bersedekah.

3. Menjauh dari keluarga
Saat sudah menikah dan memiliki keluarga kecil, Anda mulai menjauhkan diri dari orangtua, keluarga besar, dan mengabaikan kehadiran mereka karena merasa tak memerlukan lagi.

Percayalah, pada suatu titik, Anda akan merindukan mereka dan menyesali kenapa tidak meluangkan waktu lebih banyak bersama mereka.

4. Menghindari tantangan
Sejauh mana Anda berani menerima tantangan dalam hidup? Sesimpel mencoba rute baru saat jalan ke kantor atau justru memilih jalan yang biasa untuk menghindari berbagai kemungkinan?

Dalam hidup, banyak hal yang sebaiknya Anda coba. Namun, Anda tentu tahu mana yang tidak perlu dicoba sama sekali (narkoba, korupsi, dan lain-lain).

5. Tidak traveling
Dengan alasan tidak mau membuang-buang uang, kemudian ada perasaan asing terhadap tempat baru, Anda tidak mau melakukan perjalanan.

Memang, tidak semua orang menyukai traveling. Namun dengan sering bepergian, pikiran Anda akan terbuka. Jika traveling bukan kegiatan favorit, Anda bisa menawarkan diri untuk dinas ke luar kota. ** Baca juga: Berapa Lama Efek ‘Melek’ Kopi Dapat Kita Rasakan?

Hidup itu simpel, jalani dengan bahagia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru