5 Hal yang Akan Terjadi Jika Anda Jarang Ganti CD

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Kebersihan dan kenyamanan saat menggunakan CD (celana dalam), berperan penting dalam menjaga kesehatan Miss V atau organ intim. Sayangnya, tidak jarang pemakaian CD yang salah justru bisa menyebabkan iritasi pada Miss V. Salah satu yang sering dilakukan adalah jarang mengganti CD.

Idealnya, setiap hari seseorang mengganti CD sebanyak 2-3 kali. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah lima hal yang akan terjadi jika Anda jarang mengganti CD:

1. Gatal
Jarang ganti CD akan menyebabkan Miss V menjadi lebih lembap dan kotor. Ini juga memungkinkan banyak bakteri serta kuman bersarang pada Miss V, sehingga akan membuat Miss V terasa gatal. Semakin lama CD tak diganti, sangat mungkin gatal yang terjadi pada miss V akan semakin parah.

2. Terdapat ruam pada kulit sekitar Miss V
Menggaruk kulit sekitar Miss V yang terasa gatal, tanpa disadari akan menyebabkan luka, memar hingga ruam. Banyaknya kuman, bakteri dan kotoran yang menempel di kulit juga sangat memungkinkan membuat ruam yang ada semakin parah.

3. Miss V berbau
Jarang ganti CD akan membuat Miss V semakin lembap, kuman dan bakteri yang ada juga semakin banyak. Selain gatal dan kulit ruam, Miss V pun akan sangat rentan mengalami masalah bau. Kondisi ini menjadi lebih parah ketika Anda mengalami masalah keputihan cukup parah.

4. Rambut sekitar Miss V berkutu
Kutu adalah salah satu hewan yang sangat suka berada di tempat yang kotor, kurang bersih dan lembap. Tak hanya muncul di rambut kepala, kutu ternyata juga muncul di rambut sekitar organ intim. Terlebih jika organ intim tersebut jarang dibersihkan, CD jarang diganti dan lembap. Jika sudah muncul kutu, tak hanya gatal parah yang akan dialami, lebih jauh Anda juga sangat mungkin mengalami infeksi di kulit sekitar organ intim.

5. Infeksi Jamur
Banyaknya kuman dan bakteri di celana dalam yang telah lama dipakai dan kondisi organ intim yang lembap sangat mendukung jamur tumbuh di sekitar organ intim dengan baik. ** Baca juga: Kebiasaan Tidak Sehat Berikut Bisa Rusak Jantung

Jadi, jangan malas ganti CD ya.(ilj/bbs)