5 Hal Dasar untuk Jaga Kesehatan Wajah & Tubuh

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sedikit orang yang tampil ‘apa adanya’ alias tidak rajin merawat kebersihan serta kesehatan wajah dan tubuh.

Padahal, memiliki wajah dan kulit sehat bisa membuat tampilan Anda tampak lebih berseri. Apa sebenarnya hal mendasar untuk menjaga kesehatan wajah dan tubuh? Dilansir Boldsky, berikut uraiannya:

1. Waspada terhadap pancaran sinar matahari langsung
Pancaran sinar matahari langsung dapat menyebabkan beberapa masalah kerusakan kulit seperti bintik hitam, kerutan dan sebagainya. Solusinya, gunakan lotion wajah dan tubuh dengan SPF (Sun Protection Factor) yang tepat.

2. Stop gigit kuku jari tangan
Kebiasaan menggigit kuku bagi sebagaian orang dianggap menjadi hal yang lumrah. Tak jarang kebiasaan ini sangat sulit untuk dihilangkan. Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya kerusakan yang disebabkan oleh kebiasaan tersebut?

Kebiasaan menggigit kuku dapat menyebabkan kutikula mengelupas, kuku-kuku menjadi kasar dan terkelupas. Psikolog mengatakan bahwa penyebab utama kebiasaan menggigit kuku adalah stres dan kecemasan.

Cara terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menjaga pikiran dan pikiran Anda tetap terkendali. Berhentilah berpikir berlebihan. Anda dapat mengatasinya dengan bantuan yoga. Selain itu, aplikasikan cat kuku pahit pada kuku, agar Anda tidak menggigit kuku.

3. Jangan tidur sebelum Anda membersihkan wajah
Tidur tanpa membersihkan riasan wajah yang Anda kenakan akan menjadi masalah yang sangat serius di kemudian hari.

Hal tersebut dapat menimbulkan jerawat, penuaan dini, keriput, gatal dan sebagainya. Solusi satu-satunya adalah Anda harus mengingatkan diri sendiri untuk selalu membersihkan wajah Anda sebelum tidur.

4. Hindari mandi dengan air panas
Mandi dengan air panas dapat menghilangkan minyak esensial alami dari tubuh kita. Ini membuat tubuh Anda menjadi kering juga membuka pori-pori kulit, karena itu dapat menyebabkan masalah kulit lebih lanjut.

Mandi dengan air yang terlalu panas juga dapat menyebabkan gatal dan membuat kulit Anda menjadi merah. Namun, Anda dapat menggunakan air hangat untuk mandi agar terhindar dari masalah yang disebutkan di atas.

Solusinya, mandilah dengan air hangat dengan waktu maksimal 10 menit. Pastikan bahwa Anda hanya menggunakan air hangat saat mandi. Sebaiknya selalu gunakan air biasa untuk mencuci rambut karena air hangat juga dapat merusak rambut.

5. Jangan tekan jerawat dan komedo jika tidak tahu pasti caranya
Jika Anda tahu bagaimana cara menekan (mengeluarkan secara keras) jerawat dan komedo Anda, itu tidak akan menjadi masalah.

Namun jika tidak tahu dan sering melakukannya, Anda perlu menyadari bahwa kebiasaan itu dalam meninggalkan bekas di wajah. ** Baca juga: Kenali 5 Ekspresi Wajah yang Tunjukkan Seseorang Sedang Berbohong

Yuk, jaga kesehatan dan kebersihan dengan cara yang tepat.(ilj/bbs)