oleh

5 Gejala Insomnia yang Sering Tidak Disadari

Kabar6-Meskipun sudah melakukan banyak kegiatan sepanjang pagi hingga menjelang malam, hampir 30 persen penduduk Amerika Serikat mengaku sulit untuk tidur. Menurut statistik terkini dari National Institutes of Health, mereka menderita insomnia dalam berbagai jenis.

Sebenarnya, melansir Orami, setiap orang pernah mengalami kesulitan untuk tidur dalam salah satu fase hidupnya. “Pekerjaan, keluarga dan akses konstan ke teknologi sering kali mencegah orang mengalami cukup tidur. Penyebab lain dapat termasuk stres yang signifikan, penyakit, obat-obatan, ketidaknyamanan fisik dan jadwal tidur yang terganggu,” ungkap psikolog Michelle Drerup, PsyD.

Faktanya, insomnia lebih umum terjadi pada wanita dibandingkan pada pria, dengan rasio 2:1. Dan hal ini lebih sering terjadi pada orang tua ketimbang anak muda.
“Jika masalah tidur Anda berlangsung lebih dari tiga bulan dan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, Anda mungkin mengalami gangguan insomnia,” kata Drerup.

Dikatakan psikolog yang berspesialisasi dalam gangguan tidur, karakteristik insomnia kronis yang sering tidak disadari adalah:

1. Kesulitan tidur dan atau terbangun di tengah malam
2. Kesulitan kembali tidur
3. Merasa lelah atau lelah di siang hari
4. Lekas marah atau depresi
5. Masalah dengan konsentrasi atau memori

“Kekhawatiran malam ini juga harus disertai dengan gejala siang hari yang disebabkan oleh kesulitan tidur,” jelas Drerup. ** Baca juga: Begini Diet yang Sehat untuk Pemula

Bagaimana dengan kualitas tidur Anda? Apakah juga sering mengalami insomnia?(ilj/bbs)

Berita Terbaru