oleh

5 Bahaya Diet Ekstrem yang Harus Anda Ketahui

Kabar6-Banyak orang yang ingin mendapatkan berat badan ideal dengan melakukan diet, merupakan metode mengatur makanan yang masuk ke tubuh.

Sayangnya, masih banyak orang yang tertarik melakukan diet super ketat atau ekstrem untuk mendapatkan berat badan secara singkat dengan mengurangi kalori harian secara berlebihan.

Ada yang hanya mengonsumsi makan sekali sehari, atau hanya mengonsumsi makanan kurang dari 1.000 kalori. Metode ini memang dapat berhasil secara instan untuk menurunkan berat badan, tetapi risiko untuk kesehatannya juga sangat tinggi. Melansir Beautynesia, berikut lima bahaya diet ekstrem yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Kepala pusing dan mimisan
Pengurangan kalori yang disarankan untuk diet sekira 500-1000 dari kebutuhan kalori harian. Terlalu tinggi mengurangi kalori harian dapat menyebabkan asupan nutrisi dan kalori ke dalam tubuh berkurang sehingga tubuh akan mudah lelah, pusing bahkan mimisan.

Untuk itu, lebih baik untuk mencari program diet yang terbukti aman dan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

2. Gangguan pernapasan
Kekurangan nutrisi dan kalori saat diet ekstrem, selain dapat membuat rambut rontok, kuku cepat patah, pusing, mimisan ternyata juga dapat mengganggu aliran oksigen dalam tubuh.

Seperti yang kita tahu oksigen sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Hal ini dikarenakan kekurangan oksigen dalam tubuh dapat menyebabkan sesak nafas, gangguan sistem tubuh bahkan kematian. Bahaya bangetkan diet terlalu ekstrem?

3. Batu empedu
Memiliki berat badan berlebih atau obesitas memang memiliki risiko tinggi terhadap gangguan kesehatan seperti serangan jantung, stroke, diabetes hingga kematian.

Sama halnya dengan memiliki berat badan berlebih, diet ekstrem dengan penurunan berat badan yang drastis juga dapat menimbulkan gangguan dalam tubuh salah satunya adalah batu empedu.

Diet yang ekstrem tanpa memikirkan kebutuhan tubuh kita dapat menyebabkan ketidakseimbangan garam dan kolesterol dalam empedu. Hal ini dikarenakan tubuh memecah lemak terlalu banyak menyebabkan organ hati melepas kolesterol dalam jumlah tinggi ke dalam empedu.

4. Gangguan pencernaan
Diet yang terlalu ekstrem dapat membuat lambung kosong dalam waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan asam lambung meningkat. Meningkatnya asam lambung juga dapat menyebabkan perut tidak nyaman, sakit dan juga perih karena iritasi dalam lambung.

Tak hanya itu kekurangan serat juga dapat menyebabkan pembekuan pada feses sehingga terjadi gangguan pada usus dan juga sembelit. ** Baca juga: 5 Jenis Buah yang Bantu Turunkan Berat Badan

5. Kematian
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tubuh membutuhkan nutrisi untuk tetap bekerja. Apabila nutrisi yang masuk berkurang dapat membuat sistem tubuh kita terganggu. Hal yang paling fatal dari efek diet instan ini adalah kematian.

Mmenurunkan berat badan dalam waktu yang singkat memang menggiurkan, tetapi lebih baik untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Sayangnya, program diet yang mengklaim dapat menurunkan berat badan yang singkat memiliki risiko yang tinggi mengancam nyawa kita.

Pilihlah diet yang sehat dengan memperhatikan nutrisi dan kebutuhan tubuh kita. Untuk memaksimalkan kita juga dapat menyeimbangkannya dengan olahraga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru