oleh

400 Ribu KTP Masih Numpuk di Disdukcapil Tangsel

Operasi yustisi kependudukan di Ciputat Timur.(yud)

Kabar6-Ratusan ribu lembar Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik warga di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), hingga kini belum diambil oleh empunya masing-masing.

Alhasil, dokumen kependudukan legal itu masih menumpuk di kantor pelayanan‎ Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

“‎Ada 400 ribu lembar KTP yang sudah kami cetak tahun ini,” kata Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Toto Sudarto di Puspiptek, Kecamatan Setu, Selasa (2/8/2016).

Ia menjelaskan, ribuan dokumen KTP‎ merupakan milik warga di 54 kelurahan/desa yang telah melakukan perekaman. Disdukcapil Kota Tangsel pun telah rampung mencetak.

Toto mengimbau, kepada pejabat camat di tujuh wilayah bisa segera menindaklanjuti pelayanan distribusi KTP. Setiap camat mesti segera menginstruksikan kepada pejabat lurah untuk menyosialisasikan KTP yang sudah rampung dicetak ke warganya.

“KTP ini sudah jadi, dan perlu diinformasikan segera kepada warganya biar kita enggak kesalahan,” terang Toto. **Baca juga: Cabuli Anak Tiri, “Debt Collector” Ditangkap Polres Tangsel.

Ia kembali mengingatkan kepada seluruh warga di Kota Tangsel agar dapat tertib administrasi kependudukan. Apalagi dalam proses pembuatannya tidak dipungut biaya sepeser pun karena percetakan sudah dibiayai oleh kas daerah. **Baca juga: Perluasan Bandara Soetta Butuh 216,04 Hektare.

Toto menambahkan, berdasarkan database yang ‎dikantongi Disdukcapil Kota Tangsel, pihaknya sudah menerbitkan 1,2 juta lembar KTP, 501 ribu lembar Kartu Keluarga dan 826 ribu jiwa warga diantaranya sudah melakukan perekaman. **Baca juga: Tunggakan Raskin di Kabupaten Tangerang Rp5,6 miliar.

“Masih ada sekitar 95 ribu jiwa yang belum melakukan perekaman. Kami mengimbau segera datangi kantor-kantor kelurahan sesuai domisilinya masing-masing,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru