4 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Asam Lambung Kambuh

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Salah satu masalah pencernaan yang sering dialami sebagian orang adalah gastro esophageal reflux disease (GERD) atau naiknya asam lambung.

Nah, saat asam lambung kambuh, dilansir Boldsky, terdapat empat jenis makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari. Makanan apa sajakah itu?

1. Susu
Susu mengandung lemak. Makanan tinggi lemak bisa menyebabkan asam lambung. Namun, tidak semua penderita gangguan asam lambung memiliki reaksi yang sama terhadap susu. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi susu dan lemak dalam jumlah kecil.

2. Makanan olahan
Makanan olahan mengandung garam dalam jumlah banyak. Penelitian di Swedia membuktikan, mengonsumsi makanan dengan sodium dalam jumlah tinggi pada makanan olahan dan kemasan lebih berisiko mengalami gangguan asam lambung.

3. Minuman berkafein
Mengonsumsi kopi secara berlebihan bisa meningkatkan asam lambung. Sementara, orang dengan gangguan asam lambung jika mengonsumsi minuman berkafein bisa memperburuk kondisi, khususnya jika diminum setelah makan.

4. Telur
Hindari kuning telur jika Anda mengalami gangguan asam lambung. Pasalnya, kuning telur mengandung tinggi lemak. Sementara putih telur mengandung rendah lemak sehingga aman dikonsumsi. ** Baca juga: Mengenal Gangguan Tidur & Irama Sirkardian

Jadi untuk sementara jauhi dulu makanan atau favorit Anda, ya.(ilj/bbs)