oleh

4 Makanan yang Bisa Jadi Pengganti Nasi Agar Tetap Sehat

Kabar6-Bagi banyak orang, nasi menjadi menu utama yang selalu dikonsumi karena dianggap sebagai sumber karbohidrat utama untuk memasok energi bagi tubuh. Namun tahukah Anda, berlebihan mengonsumsi nasi pun tidak baik bagi kesehatan tubuh, karena dapat memicu berbagai penyakit, seperti obesitas dan diabetes?

Lantas, adakah alternatif pengganti nasi? Melansir Go Dok, berikut empat pengganti karbohidrat yang disarankan:

1. Roti
Roti memang dikenal sebagai makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi. Sepotong roti putih mengandung 15 gram karbohirat. Bagi Anda yang menyukai burger atau sandwich, bisa juga mengganti potongan roti menjadi daun romaine, collard atau kubis.

Jika menyukai pizza, Anda bisa menggantikan pinggiran pizza tersebut dengan sayuran. Jadi ketimbang menaburkan keju di pinggiran pizza, Anda bisa menggantikannya dengan irisan terong kukus atau jamur. Juga bisa membuat pinggiran pizza sendiri dengan bahan dasar kembang kol, telur, dan rempah-rempah.

2. Pasta
Biasanya sebelum makan pasta, selalu diawali dengan menu pembuka. Nah, Anda bisa membuat hidangan pembuka sendiri yang rendah karbohidrat dari bahan mengandung zat tepung atau kentang. Juga bisa menambahkannya dengan kol kukus, bumbu seperti mentega, garam, dan merica dalam jumlah yang sedikit.

Anda juga bisa membuat mie dari bahan dasar labu kuning dan zucchini. Keduanya merupakan alternatif karbohidrat yang baik. Anda juga dapat meminimalisasi kandungan karbohidrat pada makanan dengan memilih sayuran berair dan berserat seperti brokoli, paprika, dan bayam. Selain itu, jagung, kacang polong, dan ubi jalar juga bisa menjadi menu alternatif karbohidrat lainnya.

3. Camilan rendah karbohidrat
Bagi Anda yang gemar mengemil keripik, pretzel, dan sereal, mulai sekarang coba ganti camilan Anda dengan kacang atau daun seledri yang diolesi oleh selai kacang. Selain itu, ketimbang mengemil keripik kentang kemasan, Anda bisa mengantinya dengan keripik daun kale yang rendah kalori.

4. Minuman rendah karbohidrat
Kue, muffin, dan permen merupakan makanan yang memiliki kandungan gula dan karbohidrat tinggi. Lebih baik ganti hidangan manis itu dengan keju Riccota yang terbuat dari susu kambing, dan dicampur dengan kayu manis serta pemanis rendah kalori.

Hal yang harus diingat, karbohidrat tidak hanya ada pada makanan saja, tetapi terdapat pada minuman juga. Nah, bagi Anda penggemar minuman milkshake, bisa memilih protein shake yang dicampur dengan buah beri dan sedikit susu sebagai menu alternatif karbohidrat.

Hati-hati dengan kandungan karbohidrat yang ada pada jus, soda, serta minuman energi. Ganti minuman manis Anda dengan dengan jus lemon, kopi hitam tanpa gula, atau teh herbal. ** Baca juga: Sejumlah Penyebab Bau Badan yang Mengganggu

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru