oleh

4 Kecamatan di Kota Tangerang Endemik Demam Berdarah

Kabar6-Kasus demam berdarah meningkat di Kota Tangerang. Dari catatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang, sepanjang Januari – Juni 2012 ada sebanyak 225 kasus demam berdarah yang ditangani.

Jumlah kasus demam berdarah (bukan demam berdarah dengue) tersebut cenderung meningkat bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2011, hanya mencapai 103 kasus.

Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Wibosono mengatakan, Senin (23/7/2012). Menurutnya, ada 4 dari 13 wilayah kecamatan di Kota Tangerang diketahui sebagai penyumbang demam berdarah cukup tinggi.

Ke 4 lokasi emdemiki demam berdarah itu diantaranya adalah, Kecamatan Pinang, Cipondoh, Jatiuwung dan Periuk. “Empat daerah ini masih dalam status endemik,” singkatnya.

“Bila dilihat dalam kurun waktu lima tahun terakhir, biasanya jumlah penderita DBD berkisar 800-1.000 orang dalam setahun. Adapun kasus pada tahun 2011 yang mengalami penurunan, lebih dikarenakan anomali, sehingga penderitanya hanya sedikit,” kata Wibisono lagi.

Ditambahkan Wibisono, dari sebanyak 225 kasus demam berdarah yang ditangani, satu orang warga diantaranya meninggal dunia.

“Kewaspadaan masyarakat harus ditingkatkan karena nyamuk ini berkembang di lingkungan yang bersih, bukan di air got. Program membersihkan, menguras dan mengubur (3M) harus terus dilakukan,” ujarnya.

Menurut Wibisono, pihaknya sudah membentuk tim supervisi ditingkat kelurahan yang selalu melakukan sosialisasi penanganan demam berdarah.

Diketahui, wabah demam berdarah mulai melanda Kota Tangerang. Sebanyak 10 orang warga di perumahan Villa Mutiara Pluit Blok D8 RT 010/11 Kecamatan Periuk, secara bergantian terkena penyakit tersebut. Karena itu warga sangat khawatir.

“Satu-persatu warga sini haru dilarikan ke rumah sakit karena kena demam berdarah,” kata Melli (37).(iqmar)

Berita Terbaru