oleh

4 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimasukkan ke Freezer

Kabar6-Saat berbelanja kebutuhan sehari-hari, terkadang orang membeli bahan makanan atau minuman dalam jumlah banyak untuk persediaan beberapa hari, bahkan hingga seminggu.

Sejumlah makanan memang akan lebih awet jika disimpan dalam freezer. Sayangnya, tidak semua produk pangan bisa diperlakukan sama. melansir Tabloidbintang, beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam freezer. Apa sajakah itu?

1. Kopi
Kita mungkin beranggapan kalau menyimpan biji atau bubuk kopi akan membuatnya tahan lama. Ternyata tidak demikian. Suhu dan kelembapan di dalam freezer yang naikturun akibat sering dibuka dan ditutup, justru akan merusak rasa dan aroma kopi yang kita simpan di dalamnya.

2. Mayonaise
Saus bertekstur creamy ini tidak cocok dibekukan. Jika disimpan dalam freezer, tekstur mayonaise akan berubah menjadi berminyak dan menggumpal, sehingga tidak bisa dikonsumsi lagi. Sebaiknya simpan saus di bagian chiller atau pendingin saja.

3. Sayuran
Sayuran banyak yang mengandung air hingga 96 persen. Contohnya selada dan ketimun. Jika disimpan dalam freezer, kandungan air dalam sayuran tersebut akan membeku. Saat kembali mencair, tekstur sayuran tidak akan bisa kembali seperti semula alias menjadi lembek dan tidak renyah.

4. Buah
Jika masih ingin mengonsumsi buah dalam kondisi segar, sebaiknya tidak menyimpannya dalam freezer. Seperti halnya sayuran, kandungan air dalam buah akan membeku dan merusak tekstur buah ketika di-defrost.

Namun, kita masih bisa menyimpan buah di dalam freezer kalau berencana membuat smoothies dari buah-buahan tersebut. ** Baca juga: Kenali Beberapa Jenis Makanan yang Pengaruhi Penyerapan Kalsium dalam Tubuh

Jadi, tidak semua makanan bisa disimpan dalam freezer ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru