oleh

4 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Yoga

Kabar6-Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama yoga.

Biasanya sebelum yoga, sebagian orang akan mengisi perut dulu. Mengonsumsi sesuatu yang tidak terlalu mengenyangkan sebelum sebelum melakukan olahraga yoga bisa memberi cukup energi.

Namun masing-masing orang bisa berbeda satu sama lain. Ada yang lebih nyaman melakukan yoga dengan perut yang tidak terlalu penuh.

Terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari sebelum yoga agar olahraga yang Anda lakukan ini bisa maksimal. Melansir Fimela, ini empat jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum yoga:

1. Makanan berminyak
Gorengan, kentang goreng, dan aneka makanan berminyak sebaiknya dihindari sebelum yoga. Karena gerakan yoga mengharuskan kita melekukkan tubuh dan menekuk anggota tubuh, perut kita bisa mengalami kembung dan buang gas jika mengonsumsi makanan yang berminyak sebelum yoga.

2. Telur rebus
Telur memang mengandung protein yang baik untuk tubuh. Namun bila tidk ingin mengalami sendawa yang membuat Anda tidak nyaman selama yoga, sebaiknya hindari mengonsumsi telur terlebih dahulu.

3. Makanan dengan banyak bawang putih
Apabila tidak ingin bersendawa dengan bau mulut tak sedap dalam sesi latihan yoga, sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung banyak bawang putih sebelum memulai sesi.

Tapi ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh kita masing-masing. Bila kondisi tubuh cukup fit dan perut tidak gampang kembung, tidak jadi masalah bila sedikit mengonsumsi sesuatu yang mengandung bawang putih sejam sebelum yoga.

4. Smoothies
Bila dalam sesi yoga yang akan kita lakukan akan ada banyak gerakan yang memberi tekanan pada area perut seperti Locust pose, sebaiknya tak mengonsumsi smoothies sebelum memulai sesi. Ada baiknya smoothies dikonsumsi setelah sesi yoga selesai.

Jika ingin makan sesuatu sebelum yoga agar mendapat cukup energi, kita bisa memilih buah kaya serat seperti apel, kacang-kacangan seperti kacang almond, atau seporsi kecil oatmeal.

Selain itu, minum air putih minimal satu jam sebelum yoga juga bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi. ** Baca juga: Ternyata, Pagi Hari Bukan Waktu Paling Ideal untuk Mandi

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru