oleh

4 Bahaya Konsumsi Makanan Asin dan Pedas Bagi Kesehatan

Kabar6-Meskipun memiliki banyak penggemar, makanan asin dan pedas tidak boleh dikonsumsi secara terus menerus atau setiap hari. Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan pedas dapat menyebabkan gangguan kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah mengganggu kesehatan sistem pencernaan dan juga ginjal. Melansir Fimela, ini empat bahaya konsumsi makanan asin dan pedas secara berlebihan:

1. Mulas dan nyeri perut
Kondisi ini terjadi terutama bagi Anda yang memiliki penyakit maag, karena makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung. Selain nyeri perut, Anda juga bisa merasakan mulas, karena kedua jenis makanan ini dapat mempercepat gerakan di usus yang mempermudah terjadinya diare.

Saat makanan pedas sampai di usus besar, efek iritasinya bisa langsung terasa. Kemudian, tubuh akan mengirim lebih banyak air ke usus, sehingga memudahkan feses keluar dari usus besar.

2. Sebabkan tekanan darah tinggi
Bisa dikatakan bahwa makanan asin merupakan musuh bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Asupan garam yang berlebih dari makanan asin yang dimakan dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dapat mengganggu fungsi ginjal. Hal ini terjadi karena ketika garam hendak masuk dan dikeluarkan oleh ginjal, kandungan natrium didalam garam memiliki sifat mengikat banyak air sehingga semakin tinggi jumlah garam akan membuat volume darah meningkat.

Jadi demi kesehatan ginjal, lebih baik batasi makanan asin. Jika sulit, Anda dapat mengonsumsi dengan jumlah kadar garam yang rendah atau jangan terlalu asin.

3. Sensitivitas lidah jadi berkurang
Mungkin Anda sering mengonsumsi makanan yang sangat pedas tanpa terlihat kepedasan. Jangan heran, bisa jadi karena terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, maka sensitivitas lidah jadi berkurang, sehingga tidak bisa lagi membedakan mana makanan pedas biasa dan sangat pedas.

Jika hal ini diteruskan, bukan hanya berkurang, sensitivitas lidah juga bahkan dapat hilang. Alhasil, lidah tidak lagi berfungsi optimal untuk menentukan porsi makanan pedas yang dapat ditolerir.

Hal yang berbahaya, ketika makanan tersebut masuk ke lambung, cabainya akan menggerus dan menyakiti dinding lambung, hingga akhirnya lambung Anda luka dan asam lambung naik. ** Baca juga: Dikonsumsi Berlebihan, Makanan dan Minuman Ini Bisa Perburuk Suasana Hati

4. Penyakit kardiovaskuler
Bahaya kesehatan yang diakibatkan karena berlebihan mengonsumsi makanan asin adalah penyakit kardiovaskuler, di antaranya adalah penyakit jantung koroner. Hal ini dapat terjadi karena pada saat tubuh kelebihan garam, ginjal akan melepaskan lebih banyak air hingga membuat volume darah yang dipompa keluar oleh jantung meningkat.

Hal inilah yang akhirnya membuat jantung harus bekerja lebih keras karena harus menyuplai darah segar ke tubuh. Menurut sebuah penelitian, orang yang mengidap tekanan darah tinggi normal, bisa mendapatan keuntungan secara signifikan bila mengurangi asupan garam. Bahkan, risiko penyakit kardiovaskuler pun bisa menurun hingga 25 persen untuk 10-15 tahun mendatang.

Mengonsumsinya makanan asin atau pedas sesekali memang diperbolehkan, tapi tidak disarankan apabila dimakan tiap hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru