oleh

4 Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Mengetahui Golongan Darah Sendiri

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Harus diakui, ternyata masih banyak orang yang tidak mengetahui golongan darahnya, bahkan cenderung tidak peduli. Padahal menurut pakar kesehatan, mengetahui golongan darah berkaitan erat dengan kesehatan dan keselamatan Anda saat berada dalam kondisi darurat.

Mengapa Anda sebaiknya mengetahui golongan darah sendiri? Dikutip doktersehat.com, berikut manfaatnya:
1. Pertolongan saat kecelakaan
Ketika tertimpa musibah kecelakaan dan kehilangan banyak darah, bukan tidak mungkin Anda harus menjalani operasi. Tim medis tentu harus mengetahui golongan darah Anda untuk melakukan transfusi darah.

2. Menentukan Keluarga Berencana (KB)
Tanpa kita sadari, golongan darah ternyata juga bisa menentukan program KB. Beberapa jenis darah ternyata sebaiknya tidak dicampur, karena dikhawatirkan bisa memengaruhi kesehatan anak yang dilahirkan nanti. Beberapa negara bahkan sudah menetapkan peraturan yang menyebutkan bahwa sebelum menikah, pasangan sebaiknya melakukan tes darah terlebih dahulu.

3. Sebagai pengingat beberapa jenis penyakit
Beberapa jenis penelitian kesehatan menunjukkan fakta di mana wanita dengan golongan darah O cenderung memiliki kadar hormon FSH yang tinggi. Hal ini bisa saja menandakan ovarium berposisi lebih rendah pada rahim yang tentu bisa menandakan kesuburannya.

Tidak hanya itu, orang dengan golongan darah A, AB, dan juga B cenderung lebih berisiko terkena penyakit jantung. Sementara itu, orang dengan golongan darah A bahkan cukup berisiko terkena masalah dengan kadar kolesterol jahat.

4. Membantu program diet
Beberapa golongan darah ternyata bisa menandakan seseorang lebih berisiko terkena diabetes hingga penyakit jantung. Beberapa golongan darah juga bisa menandakan seseorang sebaiknya membatasi asupan karbohidrat atau justru lebih cocok menjadi seorang vegetarian. ** Baca juga: Ladies, Pelajari Dulu Apa Itu Vaginoplasti?

Jadi, apa golongan darah Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru