oleh

3.013 Peserta Didik Miskin di Tangsel Dapat BSM

Kabar6-Ribuan anak peserta didik di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), khususnya dari kalangan ekonomi menengah ke bawah kiranya tak perlu bingung lagi memikirkan dana pendidikan.

Sebab, pemerintah pusat sedianya siap mengucurkan dana bantuan pendidikan yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Kepala Seksi Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kota Tangsel, Nata menjelaskan, kini peserta didik tidak mampu sudah mendapatkan Bantuan Siswa Miskin (BSM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut Nata, dari total 4.000 peserta didik kurang mampu yang diusulkan masuk program BSM, ada sebanyak 3.013 anak yang lolos verivikasi dan disetujui.

“Program BSM adalah bantuan yang diberikan kepada siswa dari keluarga kurang mampu, untuk dapat melakukan kegiatan belajar di sekolah,” terang Nata, Senin (2/9/2013).

Nata menjelaskan, sebanyak 3.013 peserta didik yang lulus usulan BSM itu berasal dari 65 sekolah. Rinciannya, sebanyak 28 SMP swasta dan 37 Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Sedangkan untuk Sekolah Dasar (SD), lanjut Nata, ada sebanyak 2000 siswa dari 180 sekolah. Sisanya sebanyak 1000 lebih lagi adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari 73 sekolah.  

Jumlah tersebut, kata Nata, berdasarkan laporan dari pihak sekolah. Pihaknya lalu merekomendasikan ke Dinas Pendapatan Pengalolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) sebagai tim verifikasi.

“Kami hanya memfasilitasi data saja. Sedangkan untuk pencairan dari DPPKAD prosesnya di transfer ke rekening sekolah masing-masing,” katanya.   

Menurutnya, salah satu syarat siswa mendapatkan BSM harus mempunyai Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Surat Keterangan Tanda Miskin (SKTM) dari RT hingga kelurahan, serta Surat Keputusan (SK) dari masing-masing kepala sekolah.

“Setiap siswa di tingkat SMP mendapatkan sebesar Rp. 750 ribu per tahun,” jelasnya.(yud)

 

Berita Terbaru