oleh

300 Pelajar Rebutan Jadi Paskibraka

Pelajar yang mengikuti seleksi Paskibraka.(foto:yud)

Kabar6-Ratusan pelajar SMA sederajat di Kota Tangerang Selatan mengikuti penjaringan pasukan pengibar bendera pusaka‎ (Paskibraka) menuju tingkat nasional dan Provinsi Banten. Jumlah peserta calon yang ikut seleksi mencapai ratusan pelajar.

“Dari 300 pelajar yang ikut seleksi‎ berasal dari 54 sekolah,” kata Ketua Biro Sumber Daya Manusia Purna Paskibraka Tangsel, Deden Umaidi kepada kabar6.com, Senin (20/03/17).

Ia jelaskan, seleksi tahap pertama jumlah calon Paskibraka mengerucut menjadi 180 pelajar. Terdiri dari‎ 111 putra dan 69 putri.

Saat ini, lanjut Deden, sedang berlangsung seleksi tahap II dan III ( Samapta , Parade dan Pantauhir) untuk menentukan 50 orang calon Paskibraka Kota Tangsel. 10 calon Paskibraka Provinsi Banten dan nasional.

“Bagi calon peserta yang lolos langsung masuk karantina di Cibubur selama sebulan Juli nanti,” jelas Deden.

Ia memaparkan, ada enam tahapan seleksi yang dilakukan untuk menjaring pelajar putra-putri terbaik di Kota Tangsel.‎ Yakni, seleksi pengetahuan umum dan kemampuan baris-berbaris.

Kemudian seleksi kesehatan berupa pengukuran tekanan darah atau tensi dan fisik postur tubuh.‎ Kalau terlihat sedikit saja ada yang tidak memenuhi kriteria, maka calon peserta dianggap gugur.”Misalnya kaki berbentuk O atau X,”‎ paparnya. 

Deden menambahkan, tahapan keempat seleksi wawancara, fisik kemampuan push-up, sit-up dan lari.

“Terakhir seleksi psikotes.‎ Pas ditanya harus jujur, karena kalau bohong dapat kelihatan dari tatapan mata,” tambah Deden.(yud)

Berita Terbaru