oleh

3 Vitamin yang Bisa Atasi Kantung Mata

Kabar6-Kantung mata umumnya terjadi seiring bertambahnya usia. Meski tidak menimbulkan rasa sakit, namun kantung mata dapat mengganggu penampilan karena membuat wajah terlihat lelah dan lebih tua.

Kantung mata terjadi karena adanya penumpukan cairan yang diakibatkan melemahnya jaringan di sekitar mata, termasuk otot penopang kelopak mata. Salah satu penyebab paling umum terjadinya kantung mata adalah kurang tidur. Hal ini karena kurang tidur cenderung menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit tipis mata melebar dan menciptakan warna gelap. Pembuluh darah yang melebar ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata, sehingga terbentuk kantung mata.

Selain kurang tidur, hal-hal yang juga dapat menjadi penyebab terjadinya kantung mata adalah alergi, penuaan, pola makan yang tidak baik, dan stres. Namun ada tiga vitamin yang bisa bantu Anda atasi kantung mata. Melansir Livestrong, berikut vitamin yang dimaksud:

1. Vitamin C
Salah satu penyebab paling sering terbentuknya kantong mata adalah melemahnya ligamen di bagian bawah mata yang berfungsi untuk menahan jaringan lemak di bawah kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2007 menemukan, kekurangan vitamin C dapat mempercepat proses penuaan kulit. Hal ini dikarenakan vitamin C turut berperan dalam pembentukan kolagen, sejenis protein yang dibutuhkan tubuh untuk membuat ligamen di bagian bawah mata.

Oleh karena itu, untuk mencegah pembentukan kantong mata, mulai mengonsumsi paprika merah dan hijau, jeruk, jeruk bali, brokoli, belewah, dan tomat untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian Anda.

2. Vitamin A
Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2007 menemukan adanya hubungan antara kurangnya konsumsi vitamin A dengan percepatan proses penuaan kulit. Berbeda dengan vitamin C, vitamin A sebenarnya tidak memiliki hubungan langsung dengan terbentuknya kantong mata. Namun vitamin A tampaknya dapat membantu melindungi kulit dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, yang dapat membantu memperlambat proses penuaan kulit.

Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak vitamin A adalah ubi, wortel, kacang hitam, susu, dan telur.

3. Vitamin E
Vitamin E juga dapat membantu melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat paparan sinar matahari, yang berarti juga dapat membantu memperlambat proses penuaan kulit, yang berperan dalam terbentuknya kantong mata. Selain itu, vitamin E juga mengandung berbagai antioksidan penting yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari berbagai kerusakan oksidatif yang dapat mempercepat proses penuaan kulit.

Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak vitamin E adalah kacang almond, biji bunga matahari, dan selai kacang.

Selain mencukupi kebutuhan vitamin harian Anda, terdapat hal lain yang juga berperan penting dalam mencegah terbentuknya kantong mata. Salah satunya adalah dengan mengubah pola makan. ** Baca juga: Sebelum Tidur Konsumsi 5 Minuman yang Bantu Berat Badan Turun

Mulailah dengan membatasi konsumsi berbagai jenis makanan yang membuat cairan tertahan di dalam tubuh seperti makanan siap saji, daging olahan, dan berbagai jenis camilan asin untuk mencegah pembengkakan pada tubuh, termasuk mata. Batasi juga konsumsi kafein sehingga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru