oleh

3 Stasiun di Lebak Tak Layani Naik Turun Penumpang Setelah Bupati Bersurat, Pemkab: Tindak Lanjuti Edaran Satgas

Kabar6-Mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021, 3 stasiun kereta api (KA) di wilayah Kabupaten Lebak dan 1 stasiun di Tangerang tidak akan melayani naik turun penumpang.

Hal itu disampaikan VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anna Purba dalam keterangan tertulis, Rabu (5/5/2021).

“Sesuai surat dari Bupati Lebak tanggal 29 April 2021 Nomor 443/1684-GT/2021, maka pada masa larangan mudik Lebaran ini, Stasiun Maja, Citeras, dan Rangkasbitung serta Stasiun Cikoya tidak melayani naik-turun pengguna,” kata Anna.

Kebijakan itu mengundang beragam komentar di media sosial. Meski dianggap baik untuk mencegah penyebaran Covid-19 selama masa larangan mudik.

Namun di sisi lain, larangan tersebut justru dinilai mempersulit masyarakat yang masih harus beraktivitas pulang-pergi menggunakan KRL Commuter Line relasi Rangkasbitung-Tanah Abang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lebak Doddy Irawan menjelaskan, surat yang dilayangkan Iti ke Kepala BNPB Doni Monardo selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 pada tanggal 29 April 2021 untuk menindaklanjuti Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19.

“Usulan itu untuk menindaklanjuti Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri dan Pengendalian Penyebaran Covid-19. Jadi, dasar dari dikirimkannya surat usulan karena edaran itu,” kata Doddy kepada Kabar6.com.

Doddy mengatakan, usulan itu juga bagian dari ikhtiar Pemkab Lebak untuk melindungi warganya agar tidak terpapar virus Corona. Terlebih saat ini, Lebak merupakan daerah dengan status zona risiko penyebaran rendah.

“Tentu kita tidak ingin apa yang dialami India terjadi di kita. Semangatnya Ibu Bupati adalah menyelamatkan masyarakat dengan berbagai upaya pencegahan,” ujar Doddy.

**Baca juga: Larangan Mudik 6-17 Mei, 3 Stasiun di Lebak Tak Layani Naik Turun Penumpang

Dia pun berharap, masyarakat bisa memaklumi kondisi saat ini, di mana pandemi yang belum juga kunjung selesai.

“Harapan kita, ikhtiar yang kita lakukan bersama, Lebak terhindar dari peningkatan kasus Covid-19,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru