oleh

3 Jenis Makanan yang Bisa Jadi Penyebab Berat Badan Selalu Naik

Kabar6-Agar berat badan selalu terjaga di angka ideal atau normal, ada dua hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu makanan yang dikonsumsi dan rutin berolahraga untuk membantu membakar kalori.

Apabila Anda konsumsi makanan berlebihan dan tidak diimbangi dengan pembakaran kalori yang melebihi asupan kalori yang masuk, maka berat badan Anda akan meningkat tajam.

Sebenarnya, apa saja sih makanan yang dapat menyebabkan berat badan selalu naik? Melansir sfgate, berikut tiga jenis makanan yang dimaksud:

1. Makanan pencuci mulut atau desserts manis
Ada beberapa jenis desserts yang rasanya enak dan menggoyang lidah namun bisa menyebabkan kenaikan berat badan seperti pie, es krim dan cheesecake. Bila Anda sedang menjaga berat badan, mengonsumsi makanan tersebut dalam porsi kecil tidak masalah. Namun bila konsumsi berlebihan maka tentu saja akan berpengaruh terhadap berat badan Anda.

Sebanyak 1/8 dari makanan tersebut yang mengandung sekira 300-400 kalori krim penuh lemak. Kue krim mengandung kalori tinggi dibanding dengan pie buah. Entah es krim di atas pie Anda atau dimakan begitu saja juga mengandung kalori tinggi. Sebanyak setengah cangkir es krim mengandung 135 kalori. Satu (ukuran cup besar) es krim bisa mencapai 1.080 kalori.

2. Sosis & makanan beku olahan lainnya
Makanan ini memang lebih praktis dan mudah disajikan. Namun bila Anda ingin menurunkan berat badan, hindari konsumsi makanan tersebut. Sosis dan makanan beku olahan lainnya mengandung lemak tinggi. Lemak memberi rasa tapi bukan sumber nutrisi yang baik. Dua buah sosis menyediakan 165 kalori, 81 persen kalori berasal dari lemak.

3. Snack atau camilan
Snack seperti keripik kentang dan sejenisnya juga mengandung kalori tinggi, namun tidak memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh Anda. Sebanyak 28 gram keripik kentang atau sekira 20 keping keripik mengandung 150 kalori. Satu kantong keripik kentang bisa mengandung 400-1.200 kalori. ** Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Oatmeal Instan Atau yang Dimasak?

Selain menghindari makanan yang tinggi kalori, untuk membantu menjaga berat badan maka Anda juga harus melakukan olahraga untuk membantu membakar kalori.(ilj/bbs)

Berita Terbaru