oleh

3 Cara Mudah Mengetahui Makanan Sehat Tanpa Melihat Label Nutrisinya

Kabar6-Tidak sedikit makanan kemasan mengandung gula sangat tinggi, yang tentu saja tidak sehat bagi tubuh karena dapat memicu beragam penyakit berbahaya, salah satunya adalah diabetes.

Lantas, bagaimana cara mudah mengetahui makanan kemasan yang dibeli itu aman untuk kesehatan? Dikutip dari beberapa sumber, berikut uraiannya:

1. Perhatikan/baca ingredients
Hal utama yang harus dilihat pertama adalah kebersihan kemasan, serta bahan-bahan yang digunakan pada makanan kemasan tersebut. Jangan terlalu terpaku pada angka yang tertera pada label kandungan nutrisi, tapi lihat bahan-bahan yang digunakan apakah sudah seimbang dan termasuk bahan-bahan yang bergizi atau tidak.

2. Kelompokkan makanan
Hal ini penting karena jika cara makan Anda salah, maka makanan yang seharusnya sehat menjadi makanan tidak sehat serta bisa menyebabkan kegemukan dan kesehatan juga bisa terganggu karena asupan yang masuk tidak seimbang.

3. Sesuaikan porsi
Jangan terlalu terpaku pada hitungan kalori yang Anda makan setiap harinya. Buatlah strategi pola makan sehat. Perhatikan tinggi badan Anda, usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas sehari-hari Anda dan sesuaikan asupan makanan sesuai dengan porsi Anda dilihat dari beberapa aspek tadi. Pastikan makanan tersebut mengandung sayuran, protein tanpa lemak, lemak baik, dan karbohidrat yang sesuai dengan porsi Anda. ** Baca juga: Mengapa Ada Orang yang Mudah Tersinggung?

Jadi pahami cara makan yang benar, dan sesuaikan porsi dengan kebutuhan tubuh Anda. Dengan demikian, Anda tidak terpaku pada persentase jumlah kalori, karbohidrat, dan lemak pada label kemasan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru