oleh

3 Alasan Udara Dingin Sebabkan Anda Sering Buang Air Kecil

Kabar6-Sudah menjadi hal umum jika saat berada di daerah dingin atau sedang kedinginan, Anda sering sekali bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil atau disebut juga beser. Tentu saja hal ini sangat mengganggu, terlebih ketika Anda sedang fokus mengerjakan hal penting.

Sering buang air kecil ketika suhu udara sangat rendah juga disebut sebagai cold diuresis, dan bisa terjadi pada siapa pun. Mengapa kondisi ini bisa terjadi? Dilansir Hellosehat, berikut uraiannya:

1. Tekanan darah tinggi
Tekanan darah akan meningkat saat Anda kedinginan, sehingga, tubuh pun mengirimkan sinyal bagi ginjal untuk membuang kelebihan cairan dalam tubuh. Akibatnya, volume air seni akan meningkat dan ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkan air seni dari tubuh.

2. Kadar air tidak seimbang
Ketika suhu tubuh Anda menurun, fungsi protein tertentu dalam tubuh yang dikenal sebagai aquaporin akan terganggu. Aquaporin bertanggung jawab sebagai saluran keluar dan masuknya air ke dalam sel tubuh.

Saat kedinginan, aquaporin menahan masuknya air ke dalam sel. Hal ini ‘dibaca’ oleh tubuh sebagai pertanda bahwa ada terlalu banyak air pada aliran darah. Karena kadar air pada sel tubuh dan aliran darah tidak seimbang, ginjal jadi lebih sering membuang kelebihan cairan lewat air seni.

3. Tidak berkeringat
Berhentinya sistem perspirasi tubuh, yaitu proses menguap atau keluarnya air dari kelenjar keringat. Ketika kedinginan, tubuh tak akan berkeringat seperti saat Anda kepanasan. Akibatnya, tak ada cara lain bagi air untuk dibuang dari tubuh selain melalui urin.

Bagaimana solusinya? Ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menggerakkan otot-otot tubuh seperti lengan atau kaki. Gerakan yang Anda buat akan menghasilkan panas lebih besar daripada saat Anda gemetar atau menggigil. Dengan suhu yang lebih hangat, tubuh pun diharapkan bisa berfungsi seperti biasanya lagi. ** Baca juga: Meskipun Sedang Diet, Jangan Lupakan Sarapan & Makan Malam

Cara lain, mengonsumsi makanan pedas yang berkalori tinggi. Selain makanan dan minuman yang panas, mengonsumsi makanan pedas dengan kandungan kalori yang tinggi akan membantu menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Anda bisa menambahkan saus sambal atau cabe pada makanan Anda yang terdiri dari makanan yang berlemak. Mudah, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru