oleh

207 Desa di Pandeglang Bakal Gelar Pilkades di Tengah Pandemi Covid-19

Kabar6- Sebanyak 207 dari 326 desa di Kabupaten Pandeglang akan menggelar Pilkades Serentak. Rencananya kontestasi itu akan di helat pada bulan Juni mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang Doni Hermawan mengungkapkan, Sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang baru diterima DPMPD. Pilkades harus menyediakan beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) layaknya seperti Pilkada sebelumnya.

Sebab penyelenggaraan biasanya Pilkades hanya menyediakan satu TPS saja. Apalagi Pilkades kali ini digelar ditengah Pandemi.

“Sesuai SE Mendagri yang baru keluar kemarin bahwa untuk Pilkades itu harus beberapa TPS dengan jumlah maksimal 500 orang atau pemilih,”ujar Doni, Senin (18/1/2021).

Ada sekitar 207 desa yang akan menyelenggarakan kontestasi itu didanai dari anggaran Dana Desa (DD) masing-masing.

“Ada 207 yang menyelenggarakan Pilkades, 206 desa itu melakukan pemilihan secara langsung. Yang satu itu PAW (Pergantian Antar Waktu) ya itu desa Sorongan Kecamatan Cibaliung,” katanya.

**Baca juga: Anggota DPR RI Ini Ragukan Kualitas Pembelajaran Ditengah Pandemi

Untuk itu lanjut Doni, DPMPD Pandeglang akan berkoordinasi dengan KPU, lantaran skema penyelenggaraan Pilkades tidak jauh berbeda dengan Pilkada terkait penentuan jumlah pemilih tiap TPS. Doni juga memastikan kemungkinan besar para panitia di TPS akan di lengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD).

“Kemungkinan seperti itu (panitia dilengkapi APD) cuman kami akan melihat dulu anggaran (Pilkades) yang ada di desa,”tandasnya.(aep)

Berita Terbaru