oleh

2020, Gubernur dan Wagub Banten Punya Rumah Dinas Baru

Kabar6-Pemprov Banten berencana akan membangun Rumah Dinas (rRumdin) Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dalam satu lokasi. Feasibility studi (FS) atau studi kelayakan akan dilakukan pada perubahan APBD 2019 dan ditargetkan mulai dibangun tahun 2020 nanti.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Banten Mahdani mengatakan, rencana pembangunan rumah dinas Gubernur dan Wakil Gubernur itu muncul dalam rapat evaluasi pemprov beberapa waktu lalu.

“Waktu evaluasi kemarin dengan Pak Gubernur salah satu yang dibahas rumah dinas. Jadi beliau mengarahkan coba cari lahan yang ideal untuk rumah gubernur sama rumah wagub,” kata Mahdani, menirukan ucapan gubernur Banten, Wahidin Halim, kepada wartawan, kemarin.

Ia menjelaskan, konsep rumah dinas dua kepala daerah itu nantinya akan dibuat dalam satu lokasi. Adapun tempatnya belum bisa dipastikan karena perlu pembahasan lanjutan. Akan tetapi, berdasarkan ketentuan yang berlaku, rumah dinas haru berada di jalur utama ibukota provinsi.

“Jadi kan ada ketentuannya, berapa luasnya karena di sana kan (rumah dinas gubernur yang sekarang-red) belum ideal pas. Jadi artinya harus jalan yang gede, ada ketentuannya kok. Kemudian di ibukota, kemudian luasnya ideal, berapa meter persegi,” katanya.**Baca Juga: Pemprov Banten Ikut Berpartisipasi Pada Peringatan May Day.

Untuk merealisasikan rencananya itu, pemprov pada perubahan APBD akan terlebih dahulu melakukan studi kelayakan. Sementara fisiknya ditargetkan mulai dikerjakan pada 2020. Dengan adanya pembangunan rumdin baru, kata dia, maka nantinya rumdin yang kini ditempati gubernur di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Sumurpecung, Kota serang akan ditempati oleh sekda.

“Ini FS dulu, mudah-mudahan FS di perubahan (APBD) ini bisa. Kita dorong, tahun depan bisa (mulai bangun-red). Jadi kalau kemungkinannya begitu, rumah (rumdin yang kini ditempati gubernur-red) itu buat Pak Sekda. Sekarang ini Rumdin Pak Sekda masih sewa,” ungkapnya.(Den)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru