oleh

2017 Ditargetkan 9 Puskesmas dengan UGD 24 Jam

image_pdfimage_print

Kabar6-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang terus berupaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan memenuhi kebutuhan kegawatdaruratan. Salah satunya dengan membangun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) UGD 24 jam dan persalinan yang tersebar di seluruh Kota Tangerang.

Sekretaris pada Dinkes Kota Tangerang, Heny Herlina mengatakan, sedikitnya sudah ada tiga Puskesmas UGD 24 jam yang sudah berdiri di Kota Tangerang.

“Ya, ketiga Puskesmas tersebut ada Puskesmas Larangan Utara, Cipondoh, dan Gembor,” ujar Heny kepada kabar6.com, Kamis (30/3/2017).

Saat ini, pihaknya sedang menyiapkan sebanyak tujuh Puskesmas UGD 24 jam dan persalinan lainnya, yakni Puskesmas Kedaung Wetan, Poris Gaga Lama, Kunciran, Panunggangan, Tanah Tinggi, Periuk, Cibodas, Karawaci Baru, dan Jatiuwung.

“Ketujuh Puskesmas lainnya sedang dipersiapkan. Jadi, target total ada sembilan Puskesmas UGD 24 jam dan persalinan di Kota Tangerang yang akan beroperasi di tahun 2017,” lanjutnya.

Fasilitas yang tersedia di Puskesmas pun beragam untuk menangani gawat darurat pertolongan pertama dan persalinan. Ada dokter, bidan dan juga perawat yang siap melayani pasien yang datang selama 24 jam.

Antusiasme warga Kota Tangerang atas kehadiran Puskesmas UGD 24 jam dan persalinan yang tersebar di penjuru Kota Tangerang pun terbilang cukup tinggi. Salah satunya di Puskesmas Cipondoh yang melayani persalinan sebanyak 40 hingga 50 persalinan setiap bulannya.

“Bahkan, saat baru diresmikan oleh Pak Walikota saja ada yang sudah datang untuk persalinan. Warga tidak perlu pergi jauh ke rumah sakit untuk persalinan, cukup ke Puskesmas UGD 24 jam dan persalinan saja yang dekat dengan permukiman warga sudah bisa terlayani dengan baik. Hadirnya Puskesmas UGD 24 jam dan persalinan, mampu mendekatkan akses kesehatan kepada masyarakat dan memenuhi kebutuhan gawat darurat,” tutupnya. (Adv)

 

Print Friendly, PDF & Email