2 Tipe Keringat Berlebihan yang Sebaiknya Anda Ketahui

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Semua orang akan berkeringat, namun penyebab dan jumlah keringat yang keluar tentu akan berbeda-beda. Berkeringat berfungsi untuk mengatur suhu tubuh tetap normal.

Keringat merupakan cairan asin yang dihasilkan oleh kelenjar keringat, biasanya muncul di ketiak, kaki, dan telapak tangan. Keringat yang berlebihan atau tidak berkeringat sama sekali bisa menjadi indikator adanya masalah dalam tubuh.

Nah, tahukah Anda ternyata ada dua tipe keringat berlebihan yang merupakan pertanda bahwa seseorang mungkin memiliki kondisi medis. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah uraiannya:

1. Hiperhidrosis lokal
Jenis keringat ini hanya memengaruhi bagian-bagian tubuh tertentu saja seperti ketiak, pangkal paha, kepala, wajah, tangan, atau kaki. Gejalanya juga cenderung simetris, terjadi pada kedua sisi. Meskipun merupakan sebuah kondisi medis, kondisi ini bukanlah tanda penyakit. Diduga terjadi akibat adanya kerusakan dalam sistem saraf.

2. Hiperhidrosis general
Jenis hiperhidrosis yang kurang umum ini menyebabkan seluruh tubuh berkeringat dalam jumlah yang sangat banyak. Ini juga disebut dengan hiperhidrosis general sekunder.

Disebut sekunder karena ini disebabkan oleh hal lain, seperti adanya kondisi kesehatan yang mendasari. Ada banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan hiperhidrosis tipe ini seperti menopause, diabetes, gagal jantung, stroke, leukimia, limfoma, dan kondisi medis lainnya. Beberapa jenis obat-obatan, seperti betabloker juga ditemukan dapat menyebabkan hiperhidrosis general ini. ** Baca juga: Kenali Ciri Awal Anda Alami Depresi

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)