oleh

Info Haji:17 Kloter Gelombang Kedua Tiba di Jeddah

Kabar6-Hari kedua fase gelombang kedua, sudah 17 keloter  tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah dengan mengangkut 7.052  anggota jamaah.

Data Sistem Komputer Haji Terpadu Kemenag RI yang diterima di Jeddah, Minggu, menyebutkan total keloter yang datang sejak gelombang pertama sebanyak 153 keloter dengan membawa total 57.453 calon haji.

Pada gelombang kedua yang dimulai sejak 6 Oktober semua jamaah yang mendarat di Jeddah akan diberangkatkan dengan bus langsung ke Makkah. Pada gelombang pertama jamaah yang tiba diberangkatkan ke Madinah dengan bus.

Jamaah gelombang kedua mengganti pakaian dengan kain ihram (dua lembar kain tanpa jahitan) untuk berumrah di Masjidil Haram.

Suasana Terminal Haji di King Abdul Azis kini semakin ramai karena jamaah yang mendarat tidak hanya dari Indonesia, Malaysia dan Turki serta beberapa negara lain, tetapi sudah dari seluruh dunia, termasuk dari jazirah Arab.

Jamaah haji mulai memenuhi pelataran beranda terminal yang luas dan menempati tempat istirahat yang sudah diatur oleh otoritas bandara.

Kepala Daker Jeddah Ahmad Abdullah mengingatkan petugas haji Indonesia bahwa beban kerja gelombang kedua lebih berat karena intensitas keloter yang mendarat di Jeddah dua kali lipat, sementara jumlah jamaah haji dari seluruh penjuru dunia akan tiba semakin banyak hingga akhir kedatangan pada 20 Oktober ini.

“Kalau gelombang pertama adalah pemanasan, maka pelayanan pada gelombang kedua adalah kerja sebenarnya,” kata Abdullah.

Pelayanan jamaah haji Indonesia mengatur kedatangan dengan dua gelombang, yakni gelombang pertama yang menempatkan jamaah ke Madinah lalu ke Makkah dan gelombang kedua yang menempatkan jamaah ke Makkah, lalu wukuf kemudian ke Madinah untuk shalat arbain (40 kali shalat fardhu).
Sumber Kementrian Agama RI

Berita Terbaru