oleh

15 Pengungsi Afganistan Terjaring Petugas di Bandara

Kabar6-Sebanyak 15 warga negara Afganistan pencari suaka ke Pulau Cristmas, Australia, diamankan petugas setelah mendarat di Terminal 1 B Bandara Soekarno Hatta (BSH) dari Padang, Selasa (15/1/2013).

Ke 15 WN Afganistan penumpang pesawat Lion Air Padang-Jakarta dengan nomor penerbangan JT 0351 ini tetap tidak mampu mengelabui petugas, meski sebelumnya telah menggunakan nama palsu.

Belasan imigran yang diamankan itu masing-masing adalah, Jawat, Khalil, Abdullah, Assadullah, Reza, Mamat, Minah, Husein, Hamjat, Jawad, Jumah, Safir, Ramzan, Seyid Sardan, dan Amin.

“Belasan imigran Afganistran itu sudah lama menetap di Mentawai,” ujar Kabag Humas Polres Metro Bandara Soetta, AKP Agus Tri.

Menurut Agus, penangkapan belasan imigran Afganistan itu berawal dari kecurigaan petugas patroli Sabara diterminal 1 B BSH, saat mendapati para imigran yang bergerombol menuju 3 buah mobil sewaan yang telah menunggu.

“Saat supir mobil sewaan itu kami tanya, dia langsung berkelit mengaku tidak tahu menahu perihal asal-usul rombongan tersebut. Supir mengaku hanya disewa Rp.500 ribu untuk mengantar rombongan tersebut ke Jalan Jaksa. Saat itulah, kami langsung mengamankan rombongan tersebut,” ujar Agus Tri.

Belasan pencari suaka berikut supir mobil sewaan itupun selanjutnya diserahkan kepada pihak Imigrasi Bandara.(ali/rani)

Berita Terbaru