oleh

130 Relawan Banjir Dikukuhkan BPBD Kabupaten Tangerang

Kabar6-Sebanyak 130 relawan dikukuhkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, untuk menghadapi banjir yang kemungkinan diwilayah tersebut.

“Relawan ini merupakan pilar utama mengatasi bencana. Karena mereka sudah dilatih sebelumnya. Jadi harus dapat bekerja sama secara baik dengan berbagai pihak,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Teteng Jumara, Kamis (26/11/2015).

Sedianya, relawan dimaksud berasal dari kalangan mahasiswa dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Banten, yang peduli terhadap lingkungan. Selama ini, para relawan juga aktif membersihkan sampah di sungai saat kemarau.

“Nantinya tugas mereka tidak saja untuk menangani banjir, melainkan menjalani tugas kemanusiaan seperti kebakaran, tanah longsor dan bencana lainnya,” terang Teteng.

Sebelumnya, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, hasil pemetaan diwilayah itu terdapat 72 titik lokasi rawan banjir, yang tersebar di 24 kecamatan.

Penyebab banjir sendiri, akibat meluapnya sejumlah sungai yang ada, seperti Sungai Cimanceuri, Cisadane, Cirarap dan Cidurian. **Baca juga: Pengendara Wanita Harus Waspada di Jalan Raya Pemda Tigaraksa.

Kawasan rawan banjir lainnya berada di Kelapa Dua, Curug, Balaraja, Sepatan, Pasar Kemis, Gunung Kaler, Sukamulya, Sukadiri, Pakuhaji, Mauk dan Cisoka.(shy)

Berita Terbaru