oleh

13 Rumah Terdampak Pergerakan Tanah di Lebak Dapat Bantuan Stimulan

Kabar6-Pemerintah Kabupaten Lebak memberikan bantuan stimulan kepada 13 rumah di Kampung Cikapol, Desa Karangnunggal, Kecamatan Cirinten yang rusak akibat pergerakan tanah pada akhir tahun 2020 lalu.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Lebak Feby Rizki Pratama, mengatakan, masing-masing rumah mendapat bantuan stimulan Rp10 juta melalui rekening pemilik untuk membangun kembali rumah yang rusak akibat bencana alam.

“Masyarakat agar menggunakan bantuan stimulan itu sebagaimana mestinya untuk membangun rumah akibat pergerakan tanah,” kata Feby saat dihubungi Kabar6.com, Sabtu (16/1/2021).

Bantuan stimulan, ujar Feby, telah diserahkan kepada warga pemilik rumah terdampak kemarin. Feby berharap, bantuan stimulan dapat meringankan beban masyarakat untuk kembali memiliki tempat tinggal.

Sekretaris Desa Karangnunggal Mumu Junaedi, mengatakan, karena lokasi awal yang sudah tidak mungkin bisa ditempati, 13 rumah yang rusak akibat pergerakan tanah direlokasi.

“Masih di satu kampung, sekitar 200 meter tepatnya di belakang kantor desa. Insya Allah lokasinya aman,” ucap Mumu.

**Baca juga: Kembali Pimpin Kadin Banten, Mulyadi Jayabaya Ajak Kolaborasi Semua Pihak Bangkitkan Ekonomi

Pemerintah desa juga mengajukan bantuan lain untuk membantu warga terdampak serta proses pembangunan rumah.

“Proposal bantuan ke Dinas Sosial sudah kami sampaikan dan bantuan alat berat untuk pembangunan rumah. Beberapa keluarga, memang sudah ada yang mulai membangun,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru