oleh

13 Pabrik di Kabupaten Tangerang Terdampak Covid-19, 15 Ribu Buruh di PHK

Kabar6 – Pandemi corona telah berdampak pada belasan pabrik di Kabupaten Tangerang. Gelombang PHK menghantui buruh.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang Jarnaji mengungkapkan, berdasarkan data per bulan Juni 2020 jumlah karyawan yang di Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebanyak 14.910 orang dan pekerja yang dirumahkan sebanyak 9.386 orang.

Selain yang di PHK dan karyawan yang di putus hubungan kerja, kata Jarnaji perusahaan yang tutup atau gulung tikar ada 13 perusahaan.

“Angka PHK tersebut kemungkinan akan terus bertambah apabila situasi pandemi Covid-19 ini masih terus berkembang seperti saat ini,” ujar Jarnaji Rabu (8/7/2020).

Jarnaji berharap agar situasi ini akan segera membaik karena apabila situasi terus seperti ini maka tidak menutup kemungkinan jumlah pengangguran di Kabupaten Tangerang akan terus meningkat.

**Baca juga: Dampak Corona, Penjualan Hewan Qurban Turun 20 Persen.

Pada masa pandemi covid-19 ini Disnaker membentuk tim monitoring dampak pandemi covid-19 dengan tugas mendata dan memfasilitasi konseling ketenagakerjaan kepada pengusaha dan serikat pekerja atau pekerjanya langsung.

“Data perselisihan hubungan industrial pertanggal 20 Juni 2020 ada 131 kasus, dangan anggka penyelesaian 91 kasus dalam proses, perjanjian bersama 15 kasus, anjuran 19 kasus, dan cabut berkas ada 6 kasus.” (Vee)

Berita Terbaru