oleh

Nasi Kebuli Bakoel Miring di Curug Citarasanya Maknyus

image_pdfimage_print

Kabar6-Nasi kebuli adalah nasi yang dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing serta minyak samin. Dalam penyajiannya, nasi ini disajikan dengan daging kambing goreng. Terkadang, nasi kebuli juga ditaburi irisan kurma atau kismis.

Di gerai kuliner Nasi Kebuli Bakoel Miring yang berlokasi di Jalan Raya Binong Permai Blok C, Curug, Kabupaten Tangerang, Hajjah Zulfa sang pengelola menyajikannya dengan daging kambing tumis yang diiris halus dan dicampurkan dalam nasi atau gulai kambing.

“Daging kambing ini dapat diiris kecil-kecil disatukan kedalam nasi, atau digoreng dan disajikan terpisah. Tergantung selera saja sih,” ungkap Hajjah Zulfa, Rabu (6/3/2019).

Cara membuatnya, nasi kebuli dibuat dengan cara menanak nasi bersama kaldu kambing dan susu kambing, terkadang diganti dengan santan. Daging kambing dapat ditumis dan dicampurkan ke dalam nasi dengan membubuhkan minyak samin untuk memberikan aroma yang khas.

Bumbu-bumbu yang dihaluskan dan ditumis bersama nasi ini adalah bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, dan minyak samin.

Kemudian daging kambing dimasak bersama dengan nasi setengah matang ini hingga akhirnya benar-benar matang.

**Baca juga: Warga Kampung Nagrek Heboh Penemuan Guci.

“Nasi kebuli biasanya disajikan dengan asinan nanas, kadang juga ditambahi sambal goreng hati. Kita juga punya sambal setan yang membuat mata melotot,” pungkas Hajjah Zulfa. (fit)

Print Friendly, PDF & Email