oleh

11 Negara yang Terpaksa Ganti Nama

Kabar6-Tidak hanya untuk perseorangan, nama juga menjadi identitas diri bagi sebuah negara. Asal usul nama negara lazim diambil dari sejarah berdirinya negara tersebut. Faktanya, terdapat beberapa negara yang memutuskan berganti nama dengan berbagai alasan.

Perubahan nama itu, melansir Sindonews, dilakukan karena situasi politik atau penyesuaian bahasa. Namun ada juga negara yang berganti nama dengan alasan nama negaranya mirip dengan nama negara lain. Berikut 11 negara yang memutuskan berganti nama:

1. Macedonia menjadi Macedonia Utara
Perubahan nama ini dilandasi adanya perselisihan antara Yunani dan Macedonia. Yunani protes karena nama negara Macedonia mirip dengan nama provinsi di negara itu. Akhirnya, pada 13 Februari 2019, Macedonia resmi berganti nama.

2. Persia menjadi Iran
Pada 22 Maret 1935, Persia berganti nama menjadi Iran. Saran penggantian nama tersebut diajukan dari duta besar Iran untuk Jerman, yang masih berada di bawah pengaruh Nazi.

3. Siam menjadi Thailand
Pada 1939, Raja Thailand mengubah nama negaranya untuk menghargai pemukim yang mencari kebebasan dari Tiongkok.

4. Ceylon menjadi Sri Lanka
Ceylon merupakan sebuah nama yang diberikan Portugis untuk wilayah jajahannya pada 1505. Kemudian pada 1948, Ceylon merdeka dan setahun kemudian berganti nama menjadi Sri Lanka.

5. Kamphuchea menjadi Kamboja
Negara ini sudah beberapa kali berganti nama karena adanya niat dari partai pemerintahan yang baru untuk menghapus jejak dari pemerintahn sebelumnya. Dari 1953 hingga 1970, negara ini dikenal dengan nama Kamboja, lalu 1970 hingga 1975 dinamai dengan Republik Khmer, dan di saat memasuki masa penguasa komunis disebut dengan Kampuchea Demokratik.

6. Burma menjadi Myanmar
Pergantian nama negara ini salah satunya terkait campur tangan militer untuk nama negara ini yang sempat menjadi kontroversi. Namun sejak PPB mengakui nama Republik Persatuan Myanmar, negara ini mulai juga diakui negara-negara lain seperti Britania Raya dan juga Amerika Serikat.

7. Holland menjadi Netherlands
Mulai 20 Januari 2020, pemerintah telah resmi mengganti nama Holland dengan Netherlands. Alasan di balik perubahan nama ini bertujuan untuk menyatukan dua wilayah Holland utara dan selatan.

8. Republik Czech menjadi Czechia
Pada 2016 Republik Czech berganti nama menjadi Czechia agar lebih mudah diucapkan. Negara yang memiliki enam bahasa resmi ini (Inggris, Prancis, Rusia, Tiongkok, Spanyol, dan Arab) dinobatkan menjadi nama negara terpendek.

9. Transyordania menjadi Jordania
Pada 1949, negara ini mengubah nama menjadi Kerajaan Hasyimiyah Jordania atau lebih dikenal dengan nama Jordania. Jordania adalah nama lain yang merujuk kepada sebuah kawasan geografis bernama Sungai Jordania.

10. Abyssinia menjadi Ethiopia
Nama ini sebenarnya nama dari Arab dan Eropa untuk Ethiopia seratus tahun lalu. Negara itu tidak pernah dijajah, dan merupakan salah satu dari sedikit negara merdeka di Afrika. ** Baca juga: Heboh Penemuan Hiu Tanpa Kulit di Sardinia

11. Zaire menjadi Republik Demokratik Kongo
Negara ini sering melakukan pergantian nama, ada beberapa nama pernah digunakan negara ini dengan alasan kemerdekaan. Nama-nama seperti Negara Bebas Kongo, Kongo-Leopoldville, Kongo Belgia, Republik Kongo dan Republik Zaire pernah menjadi nama negara ini.

Berapa kali Indonesia berganti nama?(ilj/bbs)

Berita Terbaru