oleh

100 Pustakawan Kabupaten Tangerang Ikuti Bintek

Kabar6-Sekitar 100 orang pustakawan di seluruh kecamatan dan sekolah di Kabupaten Tangerang, mendapat Bimbingan Teknis (Bintek) Pengelolaan Perpustakan.

Agenda ini digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang di Sport Club Citraraya, Kecamatan Panongan.

“Kita malaksanakan kegiatan Bintek ini dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan di Kabupaten Tangerang,” kata
Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Tangerang H Didi
Budiharta saat pembukaan Bintek, Kamis (26/9/2013).

Pelaksaan Bintek dihadiri Kepala Kantor Perpustakaan H  Yusrizal dan menghadirkan pihak Kantor Perpustakaan dan Arip Propinsi Banten sebagai narasumber.

Didi Budiharta menyatakan, perpustakaan yang baik harus dikelola dengan baik pula. Untuk itu Pemkab Tangerang terus mendukung dalam segi infrastruktur gedung maupun sumberdaya manusia seperti melakukan bimbingan teknis.

“Kita juga sedang membangun gedung kantor perpustakaan di lingkungan Pemkab Tangerang. Setelah pembangunan selesai, kita harus memiliki
pustakawan-pustakawan mumpuni untuk pengelolaannya,” ujarnya.

Disebutkan, saat ini Pemkab Tangerang sendiri telah memiliki Mobil Perpustakaan Keliling sebanyak dua unit.

Rencananya, Pemerintah Pusat akan menghibahkan tiga unit Mobil Perpustakaan Keliling, sehingga para pustakawan dapat melayani pembaca di wilayah-wilayah terpencil di kabupaten Tangerang.

Yusrizal mengatakan, Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang merupakan lembaga teknis daerah yang memiliki peranan untuk melaksanakan pembinaan terhadap penyelenggara perpustakaan di kabupaten Tangerang.

“Saya berharap peserta Bintek mengikuti acara ini dengan baik, agar kompetensi kalian meningkat untuk mengelola perpustakaan di masing-masing wilayah, sehingga meningkatkan minat baca masyarakat menuju Kabupaten Tangerang gemilang,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyuluhan dan Promosi pada Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang menginformasikan, kantor perpustakaan di Kabupaten Tangerang terdapat di tujuh kecamatan.

Dalam Bintek, pengelola perpusatakaan di seluruh kecamatan diberi pengetahuan mengenai penempatan koleksi buku, katalog, dan menata ruangan yang nyaman bagi pembaca, sehingga perpustakaan menjadi sumber informasi dan menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca.

Para pembaca selain dapat mengunjungi langsung perpustakaan, juga bisa berseluncur secara online melalui www.jarpuda.kabtangerang.go.id.(hms/jus)

Berita Terbaru