oleh

10 Tahun Tangsel Murid Masih Antre Belajar

Kabar6-Memasuki 10 tahun Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pascapemekaran masih terdapat infrastruktur sekolah yang kondisinya kurang representatif. Para murid-murid terpaksa harus bergantian menggunakan fasilitas fasilitas ruangan sekolah.

Seperti pantauan kabar6.com di SDN Pondok Jagung 4, Kecamatan Serpong Utara. Bangunan gedung sekolah yang berada persis di belakang kantor Kelurahan Pondok Jagung dan telah rapuh tergerus waktu ini perlu direnovasi total.

“Ah udah lama ngusulin. Tapi enggak pernah jadi, malahan kalah sama yang di depan (SDN Pondok Jagung 3),” ungkap Ros Puji Astuti, wali kelas VI di sela-sela kegiatan mengajar, kemarin.

Wanita bertubuh mungil yang mengenakan jilbab itu menyatakan sudah sejak lama usulan renovasi total diajukan lewat musrembang, tapi tak kunjung terealisasi.

Ros menyatakan, setiap harinya ada 12 kelompok belajar. Pihak sekolah membuat kebijakan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dibagi shift pagi dan siang.

Diakuinya, kondisi gedung sekolah yang kurang representatif tentunya menimbulkan dampak yang signifikan. “Dampaknya kalau tahun ajaran baru selalu kalah sama sekolah yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Yayat, tenaga pengajar lainnya mengungkapkan bahwa belum lama ini baru dilakukan perbaikan ruangan. Pengelola sekolah terpaksa menggunakan dana Bosda untuk perbaikan ruangan.

“Ruangan kepala sekolah kemarin rusak parah sampe doyong hampir ambruk,” ungkapnya sambil menunjuk ke arah plafon. “Janjinya tahun depan,” tambah Yayat. **Baca juga: Kasus Dugaan Pelecehan di SD Al Amanah, Akhirnya Pihak Yayasan Gelar Press Confrence.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel, Taryono membenarkan bahwa pihak SDN Pondok Jagung 4 telah lama mengusulkan renovasi total.

Namun pihaknya hanya sebatas usul karena kegiatan pembangunan menjadi tugas pokok dan fungsi organisasi perangkat daerah lainnya. “Ya kan sedang dalam pembangunan secara bertahap,” terang Taryono. (yud)

Print Friendly, PDF & Email