oleh

10 Ledakan Kembang Api yang Paling Mematikan di Dunia

Kabar6-Perayaan malam tahun baru selalu identik dengan kembang api, yang memiliki berbagai warna dan jenis, mulai dari paling sederhana sampai mampu menghasilkan percikan cahaya sangat indah.

Namun di satu sisi bencana akibat ledakan pabrik kembang api ternyata sering terjadi di sejumlah negara, dan umumnya diakibatkan oleh standar keamanan yang kurang memadai.

Disebutkan, ada 10 ledakan kembang api yang paling mematikan di dunia. Posisi nomor satu, melansir Grid, ledakan pabrik kembang api tingkat dunia terjadi di Belanda pada Mei 2000, di Kota Enschede. Meskipun korban meninggal dunia ‘hanya’ 18 orang, kebakaran pabrik kembang api yang telah memicu 100 ton bahan peledak itu menyebabkan 946 orang terluka, 400 rumah hancur dan 1.000 rumah lainnya rusak.

Ledakan pabrik kembang api kedua terbesar di dunia berlangsung di Messa Redonda, Peru, pada Desember 2001. Mengakibatkan 290 orang tewas, 200 lainnya terluka, 320 orang dinyatakan hilang serta empat kota hangus terbakar.

Kemudian, ledakan pabrik kembang api terbesar nomor tiga, empat, dan lima masing-masing terjadi di India, Denmark, dan Malaysia. Kejadian ledakan pabrik kembang api di India berlangsung di kawasan Kollam pada April 2016, mengakibatkan 110 orang tewas dan 400 luka-luka.

Sementara di Denmark terjadi pada November 2004, menghancurkan bangunan pabrik dan kawasan di sekitarnya. Korban tewas tiga orang dan 13 orangnya lainnya luka-luka.

Dan di Malaysia terjadi pada Mei 1991 di Kampung Baru Sungai Buloh, Selangor, mengakibatkan 26 orang tewas serta 103 orang lainnya luka-luka.

Urutan nomor enam hingga 10 untuk kasus ledakan pabrik kembang api di dunia terjadi di Meksiko, Tiongkok, Turki, India, dan AS. Kejadian ledakan kembang api di Meksiko berlangsung pada Maret 2013, mengakibatkan 13 orang tewas dan 154 orang luka-luka.

Selanjutnya Tiongkok, merupakan negara paling sering mengalami ledakan pabrik kembang api, terjadi pada Februari 2013 dan mengakibatkan 26 orang tewas.

Sementara ledakan pabrik kembang api di Turki berlangsung pada 2008 di distrik Davutpasa, yang selain menghancurkan gedung pabrik ledakan juga mengakibatkan 20 orang tewas.

Ledakan pabrik kembang api kesembilan terjadi di kawasan Siwakashi, India Selatan, menyebabkan 38 orang tewas dan 33 orang lainya terluka. ** Baca juga: Tradisi Unik Sambut Tahun Baru di 7 Negara

Urutan kesepuluh berlangsung di kawasan Benton Tennese, AS, pada Mei 1983. Akibat ledakan pabrik kembang api yang didirikan secara ilegal itu, sembilan orang pekerja tewas dan enam lainnya luka-luka.

Bentuknya yang indah dan lucu ternyata mampu menghancurkan sejumlah bangunan, sekaligus merenggut korban jiwa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru