oleh

Ziferblat, Kafe yang Bikin Dompet ‘Menangis’

Kabar6-Sebuah kafe asal Rusia bernama Ziferblat, memiliki peraturan yang cukup unik. Pengunjung boleh makan dan minum sepuasnya, namun akan dikenai biaya per menit.

Selain di Rusia, kafe ini juga terkenal di Inggris dan sudah membuka cabang di tiga kota besar yaitu London, Manchester, dan Liverpool.

Untuk setiap menitnya, melansir theguardian, pengunjung Ziferblat harus bayar sekira Rp95 ribu. Sistem ini disebut ‘pay-as-you-stay’. Idenya tercetus dari pelanggan yang gemar berlama-lama dalam kafe, namun hanya memesan minuman sedikit. Colin Shenton, pemilik kafe cabang London, mengatakan bahwa ada pelanggan yang pernah tinggal dalam kafe sambil mengerjakan bukunya selama 11 jam.

Nama Ziferblat sendiri diambil dari bahasa Rusia yang artinya ‘muka jam’. Bisa jadi pelopor pertama kafe yang bernama Ivan Mitin, ingin agar orang-orang lebih menghargai waktu dan tidak melulu nongkrong di kafe.

Selain sistem pembayarannya yang unik, kafe ini juga jadi primadona karena desain interiornya yang sangat nyaman seperti di rumah. Ziferblat juga dilengkapi WiFi berkecepatan super. ** Baca juga: Ham, Simpanse Pertama yang Pergi ke Luar Angkasa

Ada harga, ada rupa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru