oleh

Zaki Sebut Ahok Setuju Pilgub Dihapus & DPRD Provinsi Dibubarkan

Kabar6-Wacana penghapusan Pilkada Gubernur (Pilgub) dan pembubaran DPRD Provinsi yang digaungkan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, kiranya mendapat respon positif dari para pemimpin daerah yang diwilayah Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Hal itu diungkapkan Zaki kepada kabar6.com, Kamis (18/9/2014). Menurutnya, para Elit politik di Jabodetabek tersebut, sangat setuju dengan gagasan yang dilontarkannya.

Bahkan, Wakil Bupati DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok turut  mengamini wacana itu. “Pak Ahok setuju kalau Pilkada Gubernur dihapus dan DPRD tingkat satu (provinsi-red) dibubarkan,” ungkap Zaki.

Pernyataan setuju Ahok itu, kata Zaki, terucap saat sejumlah Kepala Daerah se-Jabodetabek ini berkumpul dan menggelar acara makan malam bersama di salah satu lokasi yang dirahasiakan, pada Rabu (17/9/2014) malam kemarin.

“Walikota Bekasi, Wakil Bupati Bogor, Walikota Tangerang semua pada setuju. Kecuali di DKI Jakarta, Pilkada Gubernur dan DPRD Provinsi harus tetap ada. Kalau untuk daerah lain Gubernurnya mending dari Departemen Dalam Negeri saja,” ujarnya.

Ya, wacana penghapusan Pilkada Gubernur dan pembubaran DPRD Provinsi, digelontorkan Zaki sebagai pilihan alternatif terkait penolakannya atas Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) yang kini tengah digulirkan Koalisi Merah Putih.

Dalam pandangannya, RUU Pilkada yang menghapus keterlibatan rakyat secara langsung dalam pesta demokrasi dan menyerahkan ke tangan legislator daerah, telah merenggut hak rakyat untuk memilih calon pemimpinnya. **Baca juga: Zaki Wacanakan Hapus Pilkada Gubernur & Bubarkan DPRD Provinsi.

“Sebaiknya Gubernur itu ditunjuk langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan hanya menjadi koordinator dari seluruh Bupati/Walikota di daerahnya masing-masing. Dan, DPRD Provinsi juga dibubarkan saja, karena hanya memboroskan uang negara,” katanya.(din)

Berita Terbaru