oleh

Yummy, Ini 7 Makanan Idul Adha yang Populer di Dunia

Kabar6-Hari raya Idul Adha biasanya identik dengan daging sapi atau kambing. Ya, ada beragam hidangan yang disajikan saat Idul Adha, mulai dari makanan ‘berat’ maupun camilan.

Apa saja sih aneka makanan khas Idul Adha dari sejumlah negara di dunia? Melansir Kompas, berikut tujuh hidangan Idul Adha yang populer:

1. Biryani
Biryani adalah sajian nasi yang populer dari Asia Selatan. Biryani mengandung sayuran, daging (biasanya domba), bumbu khusus, dan rempah yang harum. Umumnya dikonsumsi bersama dengan aneka semur, tagine, dan kari lainnya.

2. Tagine
Di Maroko, tagine adalah sajian yang populer. Tagine merupakan semur sayuran dengan rasa yang gurih. Anda juga bisa menambahkan daging unggas, daging merah, atau ikan ke dalamnya. Tagine seringkali disajikan dengan couscous.

3. Korma
Korma adalah sejenis kari yang populer di wilayah India dan sekitarnya. Korma biasa dibuat menggunakan sayuran atau daging yang sudah direbus dengan krim atau yoghurt, kaldu cair, dan rempah untuk menghasilkan saus yang kental. Seperti kari lainnya, korma biasa disajikan dengan nasi.

4. Maqluba
Maqluba begitu populer di negara-negara Timur Tengah. Biasanya terdiri dari sayuran yang digoreng, daging, dan beras yang dimasak bersamaan dalam sebuah panci. Nah, panci tersebut kemudian dibalikkan untuk penyajian yang mirip dengan kue gurih lebar.

5. Tufahije
Tufahije adalah dessert populer dari Bosnia yang dibuat dengan merebus apel dalam air gula. Kemudian diisi dengan kacang dan diberikan topping berupa atau crème fraiche. Tufahjie biasa disajikan dengan gelas yang lebar.

6. Sheer Kurma
Dessert Mughlai ini kadang kala disebut ‘susu dengan kurma’. Sheer Kurma terbuat dari vermicelli atau bihun, susu, gula, kurma, dan buah kering. ** Baca juga: Intip Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di Lima Negara

Sajian ini dibuat dengan cara memasak bihun dalam susu sampai lembut dan larutannya mengental. Buah kering kemudian ditambahkan sebagai topping.

7. Maamoul
Pastry shortbread dengan rasa mentega yang kaya ini sangat terkenal di Lebanon. Biasanya, Maamoul diisi dengan kacang kenari, pistachio, gula, dan air mawar.

Apa hidangan khas Idul Adha di daerah Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru