oleh

Yuk Tertawa Supaya Sehat

Kabar6-Setiap orang pasti pernah tertawa, meskipun intensitas tiap orang berbeda-beda. Tertawa diyakini memiliki dampak yang setara dengan latihan atau olahraga ringan, dan memiliki manfaat sangat baik untuk meningkatkan detak jantung.

 

Menurut penelitian, dibutuhkan sekitar 10 menit olahraga menggunakan mesin dayung untuk mencapai tingkat setara dengan tawa hangat selama satu menit. Dan seorang analis yang lain mengukur kalori yang digunakan saat tertawa menyatakan bahwa 10-15 menit tertawa membakar lebih kurang 50 kalori.

 

Bagaimana efek tertawa bagi kesehatan? ** Baca juga: Yuk Coba Cara Ini Untuk Mengurangi Kerutan

 

1. Ketika seseorang usai menonton tayangan komedi, pembuluh darah akan tetap dalam kondisi normal. Sebaliknya, jika seseorang usai menonton tayangan drama yang penuh ketegangan, maka pembuluh darah membatasi aliran darah.

 

2. Meningkatnya kecemasan terkait dengan respon kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa efek tertawa mampu meningkatkan antibodi dalam tubuh untuk memerangi infeksi, sekaligus juga meningkatkan sel imun.

 

3. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar gula darah seseorang seusai menyaksikan pertunjukan komedi lebih rendah dibanding kadar gula seserang yang usai mengikuti sebuah seminar.

 

4. Berdasarkan pengakuan Norman Cousin, penderita Ankylosing spondylitis (bentuk peradangan kronis tulang belakang dan sendi-sendi tulang sacroiliac), dalam sebuah buku hariannya yang telah diterbitkan menyatakan bahwa menonton film komedi membuatnya merasa lebih baik. Dan tertawa selama 10 menit membuatnya tidak merasakan sakit selama dua jam, serta dapat tidur dengan baik.

 

5. Sebuah penelitian di Perguruan tinggi di California, Amerika, mendapati bahwa tertawa dapat mengakibatkan gelombang otak yang mirip dengan gelombang otak pada orang sedang bermeditasi. Pada seseorang yang menyaksikan tayangan komedi, terjadi peningkatan tinggi gelombang gamma pada otak. Hal yang sama terjadi pada orang yang melakukan meditasi.

 

Jadi tunggu apa lagi? Selain murah, tertawa pun menyehatkan.(ilj)

Berita Terbaru