oleh

Yuk, Perkuat Daya Ingat dengan Konsumsi Sayur dan Buah

Kabar6-Gaya hidup sehat dan pola makan yang terjaga akan membuat Anda selalu selalu fit sekaligus bugar. Meskipun begitu, Anda pun harus memperhatikan makanan yang baik untuk kesehatan otak.

Ya, otak yang sehat salah satunya akan membuat daya ingat atau memori selalu terjadi. Melansir beberapa sumber, berikut adalah makanan terbaik yang bermanfaat bagi kesehatan otak, meningkatkan fungsi kognitif, dan meningkatkan daya ingat:

1. Sayuran hijau
Sebuah studi baru menunjukkan, mengonsumsi sayuran hijau setiap hari membantu menjaga pikiran lebih tajam dan memperlambat penuaan otak. Bayam, sawi hijau, dan kangkung menonjol dari banyak sayuran berdaun karena nutrisi penting seperti vitamin K, vitamin B9 atau folat, dan lutein.

Folat memainkan sejumlah peran dalam tubuh dan otak dan diperlukan untuk membuat DNA, detoksifikasi sel, fungsi neurotransmitter, dan pembentukan sistem saraf selama perkembangan.

2. Buah-buahan
Dikemas dengan nutrisi, ada sejumlah buah super yang dapat meningkatkan daya ingat. Apa sajakah itu:

a. Anggur dan kismis
Anggur diketahui meningkatkan fungsi kardiovaskular dengan berkontribusi pada fleksibilitas pembuluh darah yang lebih besar, lebih sedikit pembekuan darah, dan peningkatan aliran darah.

Dengan meningkatkan suplai darah dan oksigen ke otak, buah ini membantu menjaga otak tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Sementara kismis adalah sumber boron yang hebat yang merupakan elemen jejak yang meningkatkan memori, meningkatkan perhatian, dan meningkatkan koordinasi tangan-mata.

b. Buah yang kaya vitamin C
Tomat kaya akan vitamin C, vitamin penting yang ditemukan dalam konsentrasi yang lebih tinggi di otak daripada bagian tubuh lainnya. Vitamin ini memiliki aktivitas antioksidan dan selain mencegah kerusakan pada DNA dan memperlambat penuaan sel.

Vitamin ini juga penting untuk diferensiasi dan pematangan neuron, berperan dalam membentuk selubung mielin yang melindungi neuron, dan meningkatkan transmisi impuls. Karena itu, vitamin C sangat penting untuk fungsi kognitif.

Selain sayuran dan buah-buahan, teh dan kopi menjadi minuman yang perlu diperhitungkan. Teh yang baru diseduh mengandung cukup kafein untuk meningkatkan daya ingat, fokus, dan suasana hati. Teh hitam mendorong pemulihan stres yang cepat dengan membawa kadar hormon stres dalam tubuh menjadi normal.

Sementara kopi adalah minuman yang mengandung beberapa senyawa bioaktif seperti kafein, asam klorogenat (CGA), cafestol, kahweol, dan trigonelin yang berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan.

Studi mengaitkan konsumsi kopi dalam jumlah moderat bisa mengurangi risiko dari penyakit Alzheimer dan Parkinson. ** Baca juga: Ternyata Ada 3 Jenis Orang yang Butuh Lebih Banyak Protein

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru