oleh

Yuk, Mulai Kurangi Tidur Terlalu Larut

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Salah satu kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi adalah tidur. Saat tidur, seluruh organ tubuh akan beristirahat untuk memproduksi tenaga baru. Namun pada sebagian orang, memiliki kebiasaan tidur larut malam.

Padahal, hal ini tidak disarankan dari sisi kesehatan. Nah, berikut adalah dampak negatif tidur larut malam, dikutip dari monitorday.com:

1. Konsentrasi berkurang   
Siklus tidur dapat menguatkan memori yang membantu seseorang dalam berkonsentrasi. Namun jika Anda sering tidur larut malam, konsentrasi pun menjadi terganggu.

2. Risiko gangguan kesehatan   
Tidur berperan melancarkan peredaran darah, memperbaiki sel-sel tubuh, serta membantu produksi enzim dan hormon. Jika Anda kurang tidur, kondisi kesehatan pun akan terganggu. 

Jika hal ini terjadi secara terus menerus dan berada pada tahap kronis, maka gangguan kesehatan yang akan muncul juga sangat serius seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan sebagainya.   

3. Gairah seksual menurun
Sebuah penelitian yang dirilis Journal of Clinical Endocrinology & Metablolism menyebutkan bahwa pria yang menderita masalah pernapasan sehingga tidurnya terganggu (sleep apnea), kadar testosteronnya rendah pada malam hari. Sementara testosteron itu sendiri memiliki peran dalam mendorong libido seks seseorang.   

4. Mudah lupa
Sebuah studi yang dilakukan di Prancis dan Amerika menemukan bahwa “sharp wave ripples” atau peristiwa otak bertanggung jawab dalam menguatkan memori otak, dan mentransfer data yang ada dari hipokampus menuju ke neokorteks yang ada di otak, di mana semua kenangan jangka panjang tersimpan.

Sharp wave ripples tersebut pada umumnya terjadi di saat tidur. Itu sebabnya, mereka yang seringkali tidur larut malam pada masa tertentu akan menjadi pelupa.

5. Penyebab depresi   
Perasaan sedih, marah, stres, dan mental lelah akan dialami oleh mereka yang selama tujuh hari berturut-turut tidurnya kurang dari lima jam. Itu sebabnya menurut hasil penelitian, mereka yang mengidap insomnia memiliki kemungkinan lima kali lebih besar untuk terserang depresi.   

6. Obesitas   
Kelebihan berat badan juga mengancam mereka yang seringkali tidur larut malam. Mereka yang dalam sehari semalam tidurnya kurang dari enam jam, hampir 30 persen memiliki kecenderungan menjadi gemuk dibanding mereka yang memiliki waktu tidur 7–9 jam per hari.

Hal ini disebabkan karena pada waktu tidur terjadi penurunan leptin (pemberi sinyal kenyang ke otak serta merangsang nafsu makan), dan peningkatan ghrelin (perangsang rasa lapar).

Mereka yang sering tidur larut malam, bukan hanya nafsu makannya saja yang terangsang, tapi juga timbul hasrat yang kuat untuk menyantap berbagai jenis makanan tanpa terkontrol, seperti makanan berlemak atau makanan berkarbohidrat tinggi.   

7. Cepat Tua   
Tidur adalah waktu tubuh membuang toxin atau racun yang seharian kita peroleh dan memulihkan stamina dan fungsi kulit kita. Tidur larut malam akan membuat kinerja tubuh tidak maksimal dalam membuang racun yang menyebabkan kita cepat tua. ** Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Tidur

Cukup tidur membuat kesehatan Anda senantiasa terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru