oleh

Yuk, Lindungi Paru-paru dari Bahaya Polusi

Kabar6-Polusi udara menjadi persoalan serius di banyak negara. Karena tingkat polusi semakin tinggi, orang dengan gangguan pernapasan harus ekstra hati-hati untuk mengurangi kemungkinan penyakit bertambah parah.

Bagaimana solusinya? Melansir Sindonews, berikut beberapa tips untuk melindungi diri dari polusi udara:

1. Pakai masker
Debu di NCR (Non Carbon Required) atau kertas yang tembus warna tanpa karbon adalah alasan utama di balik kenaikan tingkat polusi. Karena itulah, memakai masker saat berada di tempat umum akan sangat membantu.

Gunakan masker dengan filter sub-mikron karena dapat membantu mencegah partikel debu masuk ke paru-paru. Namun jika tidak nyaman menggunakan masker, Anda dapat menutupi wajah memakai sapu tangan.

2. Konsumsi makanan sehat untuk perkuat sistem kekebalan tubuh
Penelitian telah menunjukkan, makanan tertentu membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan memerangi polusi. Jaggery (gula alami mirip gula merah) mengandung zat besi yang meningkatkan kapasitas paru-paru untuk membawa oksigen melalui darah.

Makanan kaya vitamin C, terutama lemon dan jeruk, membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan mengandung asam lemak omega, magnesium juga membantu tubuh melawan polutan.

Pasien yang menderita masalah pernapasan dapat konsumsi madu karena dapat juga membantu membersihkan lendir. Selain itu, diet seimbang dan sehat yang terdiri dari buah-buahan musiman akan membantu mengurangi peradangan.

3. Berkumur dan uap
Polusi dan kabut asap menyebabkan hidung tersumbat yang sangat tidak nyaman. Berkumurlah dengan air alkali setelah beraktivitas di luar ruangan.

Cara ini dapat memberikan sensasi kelegaan dan menghilangkan batuk. Menggunakan uap juga membantu membersihkan hidung dan kelegaan. ** Baca juga: Selain Pisang, Ini 5 Makanan yang Tinggi Kalium

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru