oleh

Yuk, Jaga Imunitas Keluarga Saat di Rumah

Kabar6-Tidak sekadar menerapkan gerakan #dirumahaja untuk menghindari penyebaran COVID-19, Anda dan keluarga juga harus selalu menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat.

Diketahui, virus merupakan mikroorganisme yang hanya bisa hidup jika memiliki inang, seperti manusia atau hewan. Pada saat virus menemukan inangnya, ia akan menjelajah masuk ke dalam sel manusia dan dapat merusak sel tubuh. Di sinilah imunitas tubuh dibutuhkan untuk melawan virus tersebut.

Karena itulah, untuk melawan berbagai virus berbahaya Anda disarankan agar selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Melansir Kumparan, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda dan keluarga lakukan untuk menjaga imunitas:

1. Rutin konsumsi buah dan sayuran
Ada beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung tinggi vitamin C yang dibutuhkan untuk menjaga imunitas tubuh, antara lain kiwi, jeruk, pepaya, brokoli dan bayam. Anda juga harus memperhatikan cara mengolah dan menyimpannya agar nutrisi tidak hilang.

2. Berikan camilan sehat
Anda bisa menggunakan banyak waktu untuk membuat camilan sehat sendiri. Misalnya, menyiapkan smoothies untuk keluarga di rumah. Pastikan camilan yang Anda berikan mengandung kaya vitamin, mineral dan juga protein.

3. Rajin membersihkan diri
Selain menjaga kesehatan tubuh dari dalam, Anda juga harus menjaga kesehatan diri dari luar. Ingatkanlah keluarga Anda untuk rajin mencuci tangan, mandi dan mengganti pakaian minimal dua kali sehari, serta jangan lupa untuk rutin mengganti handuk. Ya, handuk yang lembap dan kotor adalah tempat favorit bakteri untuk berkembang biak.

4. Jaga kebersihan rumah
Membersihkan rumah secara teratur menjadi salah satu cara untuk menghindari virus dan bakteri tumbuh, sebab faktanya banyak sekali virus dan bakteri hidup di sofa, matras, atau karpet.

5. Pastikan sirkulasi di rumah bersih
Jangan lupa membersihkan bagian-bagian dalam rumah secara detail, misalnya sirkulasi udara agar sistem pernapasan keluarga sehat. ** Baca juga: Hindari Panic Buying, Sediakan Stok Makanan di Rumah Sesuai Kebutuhan

Mulailah lima langkah sederhana tadi agar daya tahan tubuh keluarga tetap terjaga selama pandemi COVID-19.(ilj/bbs)

Berita Terbaru