oleh

Yuk, Berwisata ke Pulau Tunda Nan Indah

Kabar6-Selain Pantai Anyer dan Pantai Sawarna yang mendapatkan penghargaan sebagai desa wisata nomor 7 skala nasional, Provinsi Banten kiranya masih memiliki lebih dari 500 tempat wisata yang menawarkan keindahan nan eksotis.

Sedianya, Banten memiliki 64 pulau kecil yang tak kalah indahnya dengan Kepulauan Seribu maupun Pulau Untung Jawa. Seperti Pulau Tunda, Pulau Sangiang, ataupun Anak Gunung Krakatau.

Dan, bagi Anda wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Tunda, bisa menaiki perahu dari Pelabuhan Karangantu, Kota Serang. Perjalanan memakan waktu hampir sekitar 2 jam lamanya.

Selama perjalanan, wisatawan juga akan disajikan dengan pemandangan pulau-pulau kecil dan burung yang sedang memangsa ikan di lautan lepas.

Dan, jangan kaget, setiba di Pulau Tunda wisatawan juga akan disambut dengan kehangatan para warga. Hingga, wisatawan bisa berinteraksi dan belajar kebudayaan di wilayah setempat melalui warganya.

Selain menampilkan pemandangan pantai yang indah, Pulau Tunda juga memiliki terumbu karang dan biota laut yang tak kalah dengan kepulauan Raja Ampat, Papua.

Para wisatawan juga bisa menyewa rumah warga sebagai Home Stay dengan harga yang relatif terjangkau dan sudah mendapatkan makan sebanyak 3 kali.

Hanya saja, persoalan yang mengganjal pertumbuhan pariwisata di Pulau Tunda, karena jumlah kapal yang siap mengantar wisatawan masih sangat kurang.

“Kita butuh perhatian lebih dari pemerintah, biar wisatawan makin banyak yang kesini. Tapi, kapal yang nganter kesini (Pulau Tunda) kurang,” kata Rosyid, Ketua Karang Taruna Karya, selaku penggerak wisata Pulau Tunda.

Sedianya, Pulau Tunda memiliki luas 300 hektar dan berpenduduk sekitar 1.700 jiwa. Dipulau ini, para wisatawan bisa melihat bagaimana pembuatan perahu tradisional dan melihat samar-samar anak Gunung Krakatau.

Jika para wisatawan ingin menginjakkan kakinya ke Anak Gunung Krakatau, bisa menaiki kapal kecil dengan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam lamanya. **Baca juga: Pantai Sawarna Masih Jadi Pilihan Wisatawan.

Dipulau Tunda sendiri memiliki banyak spot memancing yang bisa memanjakan para pemancing. Pulau ini diklaim tidak kalah indah dengan Bali.(tmn/din)

Berita Terbaru