oleh

Wujudkan Tangerang Religius, Bupati Zaki Terbitkan IPL Masjid At Ta’awun Green Savana CitraRaya

Kabar6- Menjelang berakhir masa jabatannya, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar telah menyelesaikan seluruh tugas dan tanggungjawabnya, termasuk merealisasikan program Tangerang Religius.

Diketahui, program Kabupaten Tangerang Religius ini adalah salah satu visi Bupati Zaki yang menjadi landasan dasar untuk pembangunan keagamaan dan akhlak warga di daerah yang dipimpinnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesal Rasyid mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tangerang terus berupaya maksimal dalam meningkatkan penerapan nilai- nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat dengan tujuan untuk menjadikan masyarakat yang religius sesuai dengan visinya.

Sebagai bukti bahwa program Kabupaten Tangerang Religius telah diwujudkan adalah dengan menertibkan aset- aset daerah berupa fasilitas sosial dan fasilitas umum yang sudah dijadikan tempat ibadah oleh masyarakat dengan memberikan legalitas Ijin Pemanfaatan Lahan (IPL).

“IPL ini kami keluarkan supaya ada legalitas yang jelas dari aset daerah yang telah digunakan masyarakat untuk tempat ibadah atau masjid. Saat ini Pemkab Tangerang sudah mengeluarkan IPL untuk masjid At Ta’awun Green Savana CitraRaya. Ini dilakukan untuk mewujudkan program Kabupaten Tangerang Religius sesuai dengan visinya Pak Bupati,” ungkap Sekda Rudi, sapaan karibnya, kepada Kabar6.com, Kamis (14/07/2022).

Menurut Sekda Rudi, IPL ini status hukumnya setara dengan sertipikat, dimana Pemkab Tangerang memberikan kewenangan seluas- luasnya kepada warga untuk menempati serta mengelola lahan milik pemerintah sebagai tempat ibadah.

Tak hanya itu, dengan legalitas ini warga juga bisa meminta bantuan kepada Pemkab Tangerang untuk kepentingan pembangunan masjid atau sejenisnya.

“Saya titip aset ini untuk digunakan sebagai tempat ibadah, asal jangan dialihfungsikan untuk kepentingan lainnya. IPL ini bisa diperpanjang setiap lima tahun sekali,” kata Sekda Rudi, kepada jajaran pengurus DKM Masjid At Ta’awun Green Savana CitraRaya, saat serahterima dokumen IPL diruangannya.

Terpisah, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) At Ta’awun Green Savana CitraRaya Al Azhar mengemukakan, pihaknya mengapresiasi langkah Pemkab Tangerang yang telah mengeluarkan legalitas berupa IPL kepada masjid yang diurusnya.

**Baca juga: Bekas Kades Bunisari di Kabupaten Tangerang Dicekal Keluar Negeri

Pasalnya, sejak berdiri belasan tahun silam Masjid At Ta’awun Green Savana CitraRaya telah menempati fasos/ fasum seluas 322 meter persegi yang diserahkan pihak pengembang untuk digunakan sebagai tempat ibadah tanpa legalitas yang jelas.

Kini, ia bersama pengurus DKM lainya beserta seluruh jamaah bisa bernapas lega atas diterbitkannya IPL dari Pemkab Tangerang tersebut.

“Kami atas nama pengurus DKM At Ta’awun dan seluruh jamaah mengucapkan terimakasih setinggi- tingginya kepada Pak Bupati, Sekda Kabupaten Tangerang dan jajarannya karena telah mengeluarkan IPL buat masjid kami,” ucapnya.(Tim K6)