oleh

Wujudkan Pelestarian Budaya, Civitas Akademika UPH Pakai Batik

Kabar6-Mendukung pelestarian budaya Indonesia, seluruh civitas akademika Universitas Pelita Harapan Karawaci, Kabupaten Tangerang, kompak kenakan batik di Hari Batik Nasional.

Hal ini diungkapkan Rektor UPH Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M. Eng. Sc., yang mendukung upaya pelestarian budaya di dalam UPH.

“Kita syukuri budaya bangsa yaitu Batik sebagai kebanggaan Indonesia. Mari kita niati hari Batik dengan memakai batik pada Hari Batik Nasional ini,” ajak Rektor kepada seluruh civitas akademika UPH, disiaran persnya, Minggu (6/10/2019).

Dukungan senada juga diungkapkan oleh Hana Herawati – Wakil Rektor UPH Bidang Keuangan dan Administrasi.

“Kami keluarga besar UPH mendukung Hari Batik Nasional sebagai wujud kecintaan kami terhadap warisan budaya batik Indonesia. Kita tentu mengetahui sejarah pembuatan batik di Indonesia yang telah dimulai sejak abad 17 lalu dan menjadi bagian dari budaya Indonesia yang tidak terpisahkan,” kata Hana.

Lebih lanjut Hana juga melihat bahwa perkembangan batik di Indonesia mendapat tempat yang penting dan dapat disejajarkan dengan warisan budaya dunia lainnya.

Menurutnya sebagai bangsa Indonesia, kita harus menghargai kerja keras dari semua pihak mulai dari para pembatik, seniman, orang-orang yang memproduksi, mengembangkan, memasarkan, juga para konsumen, maupun pejabat negara yang berhasil membawa batik Indonesia ke tataran dunia internasional.

**Baca juga: Muncul Spanduk Penolakan Gereja di Desa Cikasungka.

Menurut Hana, pelestarian budaya batik jangan berhenti hanya pada mengenakan produk batik saja, namun juga perlu mengembangkan budaya batik ini sesuai talenta dan panggilan masing-masing.

Ia juga percaya bahwa bangsa Indonesia memiliki jiwa seni dan kreativitas yang tinggi dan tentu dapat terus meningkatkan perkembangan batik di Indonesia; begitu juga UPH sebagai institusi pendidikan.(fit)

Berita Terbaru